Jurusan Manajemen: Hal-hal yang Dipelajari dan Prospek Kerja

CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 15:05 WIB
Jurusan manajemen masih menjadi program studi incaran calon mahasiswa baru. Berikut informasi selengkapnya. Ilustrasi. Jurusan manajemen masih jadi program studi incaran calon mahasiswa baru. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti komunikasi, jurusan manajemen menjadi salah satu program studi favorit calon mahasiswa baru. Di banyak kampus, jurusan satu ini umumnya akan tergabung ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Manajemen merupakan ilmu yang sangat aplikatif dan diperlukan oleh banyak hal. Harold Koontz menyebut bahwa manajemen adalah seni untuk menyelesaikan sesuatu di antara orang-orang dalam sekelompok yang terorganisir secara formal.

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Group of programmers developing new software on desktop PC's in the office. Focus is on man in the foreground.Ilustrasi. Jurusan manajemen masih jadi salah satu program studi favorit. (Istockphoto/skynesher)

Sebagai sebuah ilmu, manajemen merupakan studi interdisipliner yang luas tentang pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam sebuah kelompok.


Mengutip laman Management Study Guide, fungsi manajemen meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), hingga mengendalikan atau mengontrol (controlling) demi mencapai satu tujuan.

Sebagai program studi, manajemen akan memberikan Anda banyak informasi terkait dunia ekonomi dan bisnis. Mahasiswa akan diajari bagaimana mengelola organisasi, baik bisnis ataupun non-bisnis, dengan baik.

Namun perlu dicatat, pengelolaan tak hanya sebatas urusan finansial, melainkan juga operasional, promosi, hingga struktur organisasi perusahaan.

Untuk lulus sebagai seorang sarjana, mahasiswa umumnya perlu menyelesaikan durasi kuliah manajemen selama delapan semester.

Mahasiswa juga nantinya akan diminta memilih peminatan yang lebih spesifik. Peminatan umumnya dilakukan saat mahasiswa telah melewati semester lima.

Beberapa peminatan yang umum ditawarkan oleh sejumlah jurusan manajemen di antaranya:

- Manajemen keuangan
- Manajemen pemasaran
- Manajemen sumber daya manusia
- Manajemen operasional
- Manajemen risiko
- dan masih banyak lagi.

Mahasiswa nantinya akan mengembangkan beberapa keahlian terkait pengelolaan. Salah satu yang sudah pasti adalah menjalankan empat fungsi manajemen di atas, dalam rangka mengelola organisasi, baik bisnis maupun non-bisnis.

Selain itu, mengutip laman Universitas Padjadjaran, mahasiswa juga akan punya kemampuan analisis yang mumpuni serta menyusun perencanaan bisnis.

Namun, perlu diketahui, masing-masing jurusan manajemen di setiap kampus akan menerapkan kurikulum prodi yang saling berbeda satu sama lain.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen

Group Of Business team meeting working and brainstorming new business projectIlustrasi. Ada banyak prospek kerja bagi lulusan jurusan manajemen. (Istockphoto/SARINYAPINNGAM)

Lulusan manajemen hampir dibutuhkan oleh semua organisasi. Mereka bertugas untuk membantu organisasi mencapai tujuan dengan strategi-strategi yang disusun.

Lulusan manajemen berpotensi untuk bekerja sebagai tim pemasaran (marketing). Tim ini bertugas untuk merencanakan program pemasaran sebuah produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan hingga menarik perhatian konsumen.

Selain itu, lulusan manajemen juga bisa mengisi posisi sebagai staf human research and development (HRD).

Ada juga peluang kerja sebagai konsultan bisnis, yang bekerja dengan memberikan saran dan arahan terkait rencana-rencana perusahaan.

Demikian informasi mengenai jurusan manajemen, yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih program studi. Semoga membantu!

(asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER