Jurusan Psikologi: Hal-hal yang Dipelajari dan Prospek Kerja

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 15:17 WIB
Jika kamu tertarik masuk jurusan psikologi, ketahui hal-hal apa saja yang dipelajari di jurusan ini dan prospek kerja psikologi setelah lulus nanti. Jika kamu tertarik masuk jurusan psikologi, ketahui hal-hal apa saja yang dipelajari di jurusan ini dan prospek kerja psikologi setelah lulus nanti. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Sitthiphong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan populer yang paling banyak dilirik calon mahasiswa kalangan IPS maupun IPA dari tahun ke tahun.

Banyaknya peminat jurusan psikologi adalah menjanjikan peluang kerja yang terbuka luas. Hampir semua sektor dan industri membutuhkan pekerja dari lulusan psikologi.

Jika kamu tertarik masuk jurusan psikologi di perguruan tinggi, ketahui hal-hal apa saja yang dipelajari di jurusan ini dan prospek kerja psikologi setelah lulus nanti.



Apa Itu Jurusan Psikologi?

Ilustrasi SurveiApa itu jurusan psikologi? Jurusan psikologi adalah disiplin yang mempelajari perilaku dan pikiran manusia. (Ilustrasi Foto: andibreit/Pixabay)

Berdasarkan American Psychological Association, psikologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari pola perilaku dan pikiran manusia atau individu. Ilmu psikologi banyak digunakan untuk mencari solusi dari beragam masalah kompleks yang dialami manusia.

Sederhananya, psikologi mempelajari motif atau alasan yang mendorong seseorang melakukan suatu tindakan. Dengan wawasan tersebut, mahasiswa psikologi dituntut untuk mampu mencari tahu alasan di balik perilaku seseorang sekaligus memprediksi perilaku di masa depan dengan lebih baik.

Pada semester-semester awal, mahasiswa jurusan psikologi akan dikenalkan dengan sejarah, teori-teori besar, dan tokoh yang berperan besar dalam pengembangan ilmu psikologi.

Selanjutnya, mahasiswa akan mempelajari tahapan perkembangan manusia, pendekatan-pendekatan teori yang digunakan untuk membedah permasalahan dan fenomena yang ada, serta penggunaan alat ukur.

Lebih lanjut, jurusan psikologi juga memiliki peminatan atau pengkhususan bidang yang lebih spesifik untuk dipelajari ketika memasuki semester yang lebih tinggi. Meski demikian, tak menutup kemungkinan mempelajari cabang atau subdisiplin lainnya yang lebih luas.

Pengkhususan pada jurusan psikologi yang ada antara lain psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi pendidikan, serta psikologi industri dan organisasi.

  • Psikologi Klinis: merupakan bidang ilmu yang mengkaji seluk-beluk masalah psikologis pribadi manusia.
  • Psikologi Sosial: berfokus pada hubungan antarmanusia dan perilaku yang memengaruhi hubungan tersebut. Hubungan antarmanusia dan kelompok dapat dipengaruhi oleh tingkah laku, sikap, hingga melahirkan respons yang beragam.
  • Psikologi Pendidikan: berkaitan dengan proses pendidikan dan tindakan belajar yang memengaruhi tumbuh-kembang seseorang.
  • Psikologi Industri dan Organisasi (PIO): merupakan cabang psikologi yang mengkaji fenomena perilaku dan proses mental dalam lingkungan pekerjaan atau dalam sebuah organisasi.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

While sitting in a comfortable waiting room, female doctor listens to her patient about mental health problems. Doctor is on a sofa, wearing a lanyard and holding a clipboard.Prospek kerja jurusan psikologi (Ilustrasi Foto: Istock/SDI Productions)

Psikologi salah satu jurusan yang banyak dicari di bursa kerja. Lulusan psikologi diharapkan memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah, mengolah data dan melakukan asesmen, serta mengelola empati dengan baik.

Kemampuan tersebut menjadi bekal bagi sarjana psikologi untuk mengejar karier di berbagai industri. Sebut saja sebagai psikolog, peneliti, asesor, konsultan pendidikan, recruiter atau personalia, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, saat ini juga sudah banyak instansi pemerintahan yang mempekerjakan lulusan sarjana psikologi untuk posisi analis, konselor, hingga psikolog.


Kampus dengan Jurusan Psikologi

Ilustrasi universitas (TeroVesalainen/Pixabay)Perguruan tinggi negeri dan swasta yang memiliki jurusan psikologi (Foto: Tero/Vesalainen/Pixabay)

Banyak kampus negeri maupun swasta di Indonesia yang memiliki jurusan psikologi, bahkan beberapa di antaranya berdiri di fakultas tersendiri.

Perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki jurusan psikologi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, dan sebagainya.

Sementara, ada pula perguruan tinggi swasta (PTS) dengan jurusan psikologi yang bagus bahkan disebut-sebut kualitasnya mampu bersaing dengan PTN.

Kampus swasta ini mendapatkan akreditasi A dari BAN PT yakni Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER