Kapan Harus Pergi atau Bertahan dalam Hubungan?

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 20:45 WIB
Ketika hubungan menjadi sulit, ada satu pertanyaan yang terus bermunculan: Haruskah saya pergi atau justru bertahan? Ketika hubungan menjadi sulit, ada satu pertanyaan yang terus bermunculan: Haruskah saya pergi atau justru bertahan? (iStock/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika hubungan menjadi sulit, ada satu pertanyaan yang terus bermunculan: Haruskah saya pergi atau justru bertahan?

Dalam sebuah hubungan, masalah tidak bisa sepenuhnya dihindari. Sekalipun Anda sudah merasa cocok dengan pasangan, tapi masalah kecil ataupun besar bisa dihadapi.

Hanya saja, mungkin sulit dalam suatu hubungan, yang tidak memiliki tanda bahaya yang jelas atau masalah yang lebih serius seperti kekerasan untuk mengetahui apakah masalah tersebut layak untuk diselesaikan atau tanda untuk ditinggalkan.


Jadi, bagaimana Anda tahu kapan masalah dengan dapat diperbaiki atau jadi dasar dari ketidakcocokan besar antara Anda dan pasangan hingga perlu pergi?

Konsultan seks dan hubungan Ness Cooper menjelaskan bahwa meskipun tidak ada yang dapat memberi tahu Anda apakah hubungan Anda sehat atau tidak dan apakah Anda harus 'bertahan' atau pergi, ada tanda-tanda tertentu yang bisa mengarah ke kedua arah.

"Ini adalah sesuatu yang pada akhirnya Anda harus sampai pada kesimpulan dan putuskan, bahkan jika itu sulit," kata Cooper.

Dia percaya ada kemungkinan untuk mengatasi masalah apa pun jika kedua pasangan siap untuk melakukannya.

"Semua yang terlibat harus ikut," catatnya. "Hubungan tidak dapat diprediksi dan kali ini mencoba memperbaiki sesuatu bisa terasa sangat sulit."

Cooper juga menyarankan pasangan untuk mencari dukungan dari terapis pasangan atau konsultan seks dan hubungan untuk menjaga mereka tetap pada jalur tujuan individu dan sebagai pasangan.

"Sangat mudah untuk bertahan hanya karena Anda memiliki tujuan dan tujuan lain yang saling terkait seperti keinginan untuk anak-anak, tetapi Anda benar-benar harus memikirkan apakah Anda ingin mewujudkan tujuan-tujuan ini dalam struktur hubungan yang tidak sepenuhnya Anda merasa nyaman melakukannya," papar Ness.

Lebih lanjut, dia menganjurkan ketika ada hal-hal yang mengganggu dalam hubungan Anda, apa pun itu, maka perlu mengatasinya dengan pasangan Anda dan membicarakannya.

Pasalnya, Anda tidak tahu apa yang mereka pikirkan sampai Anda bertanya.

"Siapa pun yang ingin tetap bersama harus meluangkan waktu untuk mengatasi perbedaan hubungan saat ini," lanjutnya.

Namun, Cooper mengatakan: "Jika ketika mengatasi masalah saat ini dengan pasangan lalu Anda hanya diabaikan, tidak peduli seberapa sering Anda mencoba untuk menyelesaikannya, maka mungkin sudah waktunya untuk pergi."

Meskipun hubungan tidak akan pernah sempurna, tapi ada masalah di mana mereka sepihak.

Selain itu, coba pertimbangkan apakah ketegangan hubungan memengaruhi anak-anak yang Anda miliki bersama. Jika Anda memilih tetap bersama demi anak, maka itu mungkin bukan pilihan yang lebih baik apalagi jika Anda tidak memiliki ruang untuk menjadi diri sendiri.

Menurut Cooper, hubungan yang sehat harus memberikan ruang bagi setiap pasangan untuk juga menjadi individu.

"Jika tidak ada cara untuk menjadi diri Anda sendiri dalam hubungan, Anda harus benar-benar memikirkan apakah layak untuk tetap tinggal hanya untuk status hubungan," ujarnya.

Dia menambahkan, satu hal lain yang perlu jadi pertimbangan adalah, jika tujuan pribadi Anda dan tujuan Anda untuk suatu hubungan dipaksa keluar demi pasangan, maka itu tidak berhasil, dan mungkin sudah waktunya untuk pergi.

Namun, tidak ada salahnya berjuang untuk seseorang yang Anda cintai dan untuk hubungan yang Anda inginkan - jika Anda yakin bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

(agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER