Mengenal Ashwagandha, Ginseng India yang Kaya Manfaat

tim | CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 12:16 WIB
Ashwagandha dikenal sebagai ginseng India. Ashwaganda sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu karena kaya manfaat untuk kesehatan. Ashwagandha dikenal sebagai ginseng India. Ashwaganda sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu karena kaya manfaat untuk kesehatan.(Foto: iStockphoto/eskymaks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ashwagandha dikenal juga sebagai ginseng India. Layaknya ginseng di Korea, ashwaganda sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu karena kaya manfaat untuk kesehatan.

Apa itu ashwagandha?

Ashwagandha adalah ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional India. Biasanya ashwagandha digunakan untuk membantu tubuh mengelola stres.

Dikutip dari Insider, ramuan ini juga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan memori, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kesuburan pria.

Ashwagandha terbuat dari semak pohon cemara yang banyak tumbuh di India, Timur Tengah dan sebagian negara Afrika. Selama ratusan tahun orang telah menggunakan akar dan buah merah jingga ashwagandha untuk pengobatan.

Mengutip Medical News Today, ramuan ini juga dikenal sebagai ginseng India atau cherry musim dingin. Nama "ashwagandha" menggambarkan bau akarnya yang seperti kuda. Berdasarkan definisnya, ashwa berarti kuda.

Biasanya, ashwagandha dibuat dalam bentuk ramuan dan digunakan sebagai tonik untuk meningkatkan energi dan mengurangi stres serta kecemasan. Beberapa juga menyebut bahwa ramuan ini bermanfaat untuk kanker penyakit Alzheimer, dan kecemasan.

Berikut manfaat ashwagandha untuk kesehatan yang terbukti secara ilmiah:

1. Menghilangkan stres

Ashwagandha memiliki efek relaksasi dan menenangkan pada sistem saraf. Tanaman ini bisa mengaktifkan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) dan memberikan efek GABAergik, yang membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Menambah Kebugaran

Dikutip dari Healthy, penelitian yang diterbitkan dalam An International Quarterly Journal of Research di Ayurveda menunjukkan bahwa ashwagandha dapat meningkatkan kebugaran.

3. Meningkatkan fungsi seksual wanita

Terdapat beberapa indikasi yang menyebutkan bahwa ramuan ini dapat meningkatkan fungsi seksual pada wanita sehat. Misalnya, dalam penelitian yang diterbitkan di BioMed Research International, pada wanita yang mengonsumsi 300 miligram ashwagandha dua kali sehari selama delapan minggu.

Hasilnya menunjukkan wanita mengalami peningkatan gairah, lubrikasi, dan orgasme dibandingkan kelompok yang menerima plasebo. Meski demikian, penting untuk dicatat bahwa ramuan ini dapat meningkatkan risiko keguguran dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

4. Meningkatkan jumlah sperma

Ashwagandha juga bisa meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan pada pria dengan meningkatkan kadar testosteron.

5. Meningkatkan fungsi kognitif

Ashwagandha bisa membantu meningkatkan fokus dan ingatan, kejernihan mental, dan area kognisi terkait lainnya.

6. Mengurangi peradangan dan rasa sakit

Ashwagandha dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini penting karena peradangan yang dibiarkan di dalam tubuh dapat memicu penyakit kronis.

Itulah manfaat ashwagandha yang terbukti secara ilmiah.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER