Cegah Omicron, CDC Pertimbangkan Ganti Pedoman Masker dengan N95

tim | CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 07:59 WIB
CDC sedang mempertimbangkan untuk memperbarui pedoman masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron. CDC sedang mempertimbangkan untuk memperbarui pedoman masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron.(Foto: Dok. 3m)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang mempertimbangkan untuk memperbarui pedoman masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron.

Diberitakan Washington Post, dalam pedoman masker untuk mencegah Omicron itu, CDC menyarankan orang untuk menggunakan masker N95 atau KN95. Dua jenis masker ini dinilai sangat protektif dan terbukti dapat mengurangi penyebaran virus corona saat dilakukan dengan benar.

Masker N95 dan KN95 biasanya digunakan oleh petugas medis.


"Jika orang bisa menoleransi mengenakan masker KN95 atau N95 sepanjang hari, Anda harus melakukannya," kata laporan itu, dikutip dari Reuters.

Langkah ini diambil karena peningkatan jumlah kasus Covid-19 di AS yang mencapai 1,13 juta kasus baru pada Senin (10/1).

Masker N95 dan KN95 dinilai sebagai pilihan masker terbaik untuk mencegah Covid-19 dibandingkan masker bedah dan masker kain.

Masker N95 dan KN95 memiliki daya lindung yang lebih baik karena mengandung serat polipropilen. Serat ini berfungsi sebagai penghalang mekanis dan elektrostatik. Kedua jenis masker ini bisa mencegah partikel kecil masuk ke hidung atau mulut.

Profesor biologi di University of Massachusetts Dartmouth, Erin Bromage mengatakan masker N95 dapat menyaring tetesan besar dan aerosol atau partikel yang lebih kecil yang berpotensi mengandung virus di udara.

Respirator N95 dapat menyaring hingga 95 persen partikel di udara. Sedangkan masker kain memiliki tingkat kebocoran hingga 75 persen.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER