7 Destinasi Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 16:00 WIB
Ada beberapa destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi beberapa pelancong. Deretan destinasi ini hadir dengan keindahannya masing-masing. Ada beberapa destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi. (istockphoto/yai112)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dieng merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Kawasan ini menawarkan berbagai pesona destinasinya yang beragam.

Ada beberapa destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi beberapa pelancong. Deretan destinasi ini hadir dengan keindahannya masing-masing.

Secara administratif, kawasan Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Terletak di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Dieng berada di ketinggian melebihi 2000 mdpl.


Yang menarik dari Dieng adalah suhu udaranya yang begitu dingin. Mengutip laman Dieng Plateau, suhu udara Dieng malam hari berkisar antara 5-10 derajat Celcius, dan terkadang mencapai 0 derajat Celcius atau minus. Kondisi itu membuat Dieng memiliki salju tipis atau embun yang menyapu dataran tinggi dengan suhu di bawah titik beku.

Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Dieng Plateau atau daratan tinggi Dieng sendiri merupakan salah satu situs bersejarah di Indonesia. Kawasan satu ini dikelilingi oleh hijaunya pegunungan dan hamparan awan di ketinggian.

Akibat kondisi geografisnya itulah, Dieng memiliki segudang destinasi wisata populer. Berikut beberapa destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Prau

Suasana menjelang terbitnya matahari di Gunung PrauLanskap dari puncak Gunung Prau, destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi. (CNN Indonesia/Artho Viando)

Gunung Prau merupakan objek pendakian populer di kawasan Dieng. Berada di ketinggian sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau menawarkan lanskap Gunung Sindoro-Sumbing yang mempesona.

Tak hanya itu, para pelancong juga sepakat bahwa panorama sunrise atau matahari terbit di Gunung Prau merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara.

Gunung Prau juga dianggap cocok bagi para pendaki pemula karena jalurnya yang tak terlalu sulit dilewati.

Ada empat jalur pendakian Gunung Prau, diantaranya via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati, dan Wates.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir, DiengLanskap dari Bukit Sikunir, destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi. (Wikimedia Commons/russavia)

Sama seperti Prau, Bukit Sikunir juga menyajikan panorama matahari terbit yang luar biasa. Anda akan melihat matahari yang terbangun malu-malu di antara hamparan awan.

Terletak di Desa Sembungan, Bukit Sikunir berada di atas ketinggian 2.300 mdpl. Untuk mencapai Bukit Sikunir, pelancong harus menempuh perjalanan selama 30-45 menit.

Namun, Anda tak perlu khawatir, jalur pendakian ke Bukit Sikunir terbilang mudah. Pengelola telah menyediakan fasilitas tangga yang membuat perjalanan jadi lebih mudah.

3. Telaga Warna

Dieng juga memiliki beberapa kawah dan telaga yang muncul akibat aktivitas vulkanik di kawasan tersebut. Salah satunya adalah Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang bisa dinikmati dari atas Bukit Pandang Batu Ratapan Angin. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)Suasana Telaga Warna, destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Telaga Warna menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Dieng. Di telaga ini, pelancong bisa mengelilingi danau melalui jalan setapak yang ada.

Telaga ini dinamakan Telaga Warna karena keunikan fenomena alam yang dimilikinya. Warna air dari telaga kerap berubah-ubah akibat kandungan sulfur yang tinggi. Bisa berwarna merah, kuning, hijau, dan lain-lain.

Simak destinasi wisata Dieng yang wajib dikunjungi lainnya di halaman berikutnya..

7 Destinasi Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER