7 Bahan Skincare Pria untuk Kulit Kering dan Kusam

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 22 Jan 2022 11:36 WIB
Pria yang memiliki tipe kulit kering perlu merawat wajahnya agar tidak kusam dan tampak terawat. Berikut 7 bahan skincare pria untuk kulit kering. Pria yang memiliki tipe kulit kering perlu merawat wajahnya agar tidak kusam dan tampak terawat. Berikut 7 bahan skincare pria untuk kulit kering. (Foto: istockphoto/supersizer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti wanita, pria juga mengalami permasalahan kulit wajah. Pria yang memiliki tipe kulit kering perlu merawat kulitnya agar tetap sehat dan penampilan yang lebih terawat.

Setidaknya ada 7 bahan skincare pria untuk kulit kering yang dapat digunakan.

Umumnya, kulit kering bukanlah masalah serius ketika Anda cepat menanganinya. Namun jika dibiarkan, akan memperburuk kondisi kulit.


Merujuk MayoClinics, kulit kering dapat ditandai dengan permukaan kulit akan terasa kasar, kering, sangat kencang usai terkena air, rentan terasa gatal, iritasi, mengelupas, bahkan muncul garis halus dan kerutan yang membuat kulit tampak menua.

Agar kulit terus sehat, salah satu faktor utama yang harus dilakukan setiap pemilik kulit wajah kering adalah menjaganya tetap terhidrasi.

Anda dapat menghidrasi secara alami dengan konsumsi makanan sehat dan alami kaya serat atau menggunakan skincare dengan kandungan pelembap. Meski demikian, tidak semua pelembap memiliki kandungan yang cocok untuk kulit kering.

Bahan Skincare Pria untuk Kulit Kering

Young man taking care of his skin. Man applying skincare facial treatment cream on face in the bathroom. Handsome guy applying moisturizer and looking at himself while standing in front of the mirror.Bahan skincare pria untuk kulit kering yang wajib ada di dalam pelembap atau sabun muka (Foto: istockphoto/SanyaSM)

Dilansir dari Self, berikut 7 bahan skincare pria untuk kulit kering yang mesti ada dalam pelembap atau sabun muka Anda.

1. Gliserin

Gliserin menjadi salah satu bahan penghidrasi kulit paling umum yang terdapat pada pelembap, sabun cuci muka, maupun toner.

Fungsi dari gliserin adalah menjaga kelembapan kulit, membantu menyembuhkan luka di wajah dengan cepat, mencegah kulit infeksi, hingga melindungi kulit dari iritasi.


2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid sebetulnya dapat diproduksi oleh tubuh secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia dan berbagai faktor eksternal seperti polusi udara hingga gaya hidup dapat menurunkan produksi senyawa tersebut.

Kini, hyaluronic acid sangat mudah didapatkan dalam skincare untuk kulit kering.

Beberapa fungsi dari senyawa ini yakni melembapkan kulit, memperbaiki peradangan kulit akibat sinar matahari, dan mengencangkan kulit wajah.

3. Ceramides

Salah satu penyebab kulit kering karena pelindung alami dari kulit tidak berfungsi dengan baik. Adapun ceramides bekerja melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal yang dapat merusaknya.

Selain itu, manfaat lain dari ceramides yakni melembapkan kulit, mencegah jerawat, dan membuat wajah tampak lebih muda.


4. Fatty Alcohols

Alkohol umumnya dianggap negatif dan buruk bagi kesehatan. Namun, tidak semuanya benar. Ada fatty alcohols atau alkohol berlemak yang dapat melembapkan kulit kering alih-alih membuatnya iritasi.

Jenis fatty alcohols yang dapat melembapkan kuit wajah yaitu setil dan stearil.

Sama seperti ketiga bahan di atas, bahan-bahan ini mudah ditemukan di banyak produk perawatan kulit karena dapat menjaga kelembapan kulit dan membantu kulit tetap terhidrasi.

Fatty alcohols yang terkandung dalam produk perawatan kulit kering biasanya merupakan ekstrak dari minyak nabati.


5. Petrolatum

ilustrasi skincareBahan skincare pria untuk kulit kering adalah petrolatum (Ilustrasi Foto: iStockphoto)


bahan skincare pria untuk kulit kering dan kusam selanjutnya adalah petrolatum. Kandungan ini akan membantu mengatasi kulit kasar, gatal, hingga iritasi.

Petrolatum akan mendorong kulit lebih lembap serta membuat kulit terlindung dari paparan zat luar. Namun, jangan menggunakannya ketika wajah Anda sedang mengalami luka bakar atau terkena gigitan serangga.


6. Squalane

Bahan ini terbilang baru daripada petrolatum yang sudah cukup lama digunakan untuk perawatan kulit.

Bahan squalane sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh di kelenjar sebaceous yang membuat kulit tampak lebih lembap. Sayangnya, produksi zat ini menurun seiring bertambahnya usia.


7. Lactic Acid

Lactic Acid atau asam laktat dapat dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan berbagai kotoran yang menempel di wajah.

Manfaat lain dari asam laktat adalah membuat kulit lembap, menjadikan warna kulit merata, dan mencerahkan warna kulit wajah.

Itulah 7 bahan skincare pria untuk kulit kering yang cocok untuk menjadikan kulit wajah lebih sehat.

(nfl/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER