Manfaat Bawang Putih untuk Diet dan Cara Mengonsumsinya

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 08:31 WIB
Bawang putih diklaim dapat membantu proses penurunan berat badan. Bagaimana manfaat bawang putih untuk diet? Ilustrasi. Sejumlah penelitian menemukan manfaat bawang putih untuk diet. (Pixabay/condesign)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak cara untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satunya dengan bawang putih yang diklaim dapat membantu proses diet.

Lantas, bagaimana manfaat bawang putih untuk diet?

Mengutip Very Well Fit, bukti penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, atau senyawa yang mengandung sulfur, dapat membantu proses penurunan berat badan.


Salah satu senyawa utama dalam bawang putih mentah yang bernama allicin terbukti berpotensi dapat mencegah obesitas dan gangguan metabolisme dengan mengaktifkan jaringan lemak cokelat (brown fat).

Tidak seperti lemak putih yang menyimpan kalori dan dapat menyebabkan obesitas, lemak cokelat membantu membakar kalori yang pada ujungnya dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, kebanyakan orang dewasa tak memiliki banyak lemak cokelat.

Saat tubuh menjadi dingin, lemak cokelat membakar kalori untuk menghasilkan panas. Proses ini dikenal dengan istilah thermogenesis.

Faktanya, lemak cokelat membakar lebih banyak kalori daripada lemak putih. Proses ini salah satunya dipicu oleh senyawa allicin dalam bawang putih mentah.

Manfaat Bawang Putih untuk Diet Menurut Penelitian

Female leg stepping on weigh scales. Healthy lifestyle, food and sport concept.Ilustrasi. Sejumlah penelitian telah menemukan manfaat bawang putih untuk diet. (iStockphoto/spukkato)

Sejumlah penelitian telah mempelajari manfaat bawang putih untuk diet menurunkan berat badan.

Mengutip Healthline, sebuah studi melakukan penelitian terhadap orang dengan penyakit hati kronis yang mendapatkan asupan 800 mg suplemen bawang putih setiap hari. Hasilnya, suplemen bawang putih ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Studi kecil lainnya memberikan suplemen yang mengandung bawang putih terhadap orang dengan obesitas setiap hari selama delapan pekan. Peserta yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo.

Para ilmuwan juga telah melakukan lebih banyak penelitian tentang bawang putih dan penurunan berat badan pada hewan. Sebagian besar penelitian menggunakan minyak atau ekstrak bawang putih.

Beberapa dari studi tersebut menemukan bahwa bawang putih berhasil menekan pertambahan berat badan pada hewan.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih untuk Diet

Ada banyak cara untuk mengonsumsi bawang putih. Dikonsumsi dalam kondisi mentah adalah cara terbaiknya.

Mengutip NDTV, selain dikonsumsi mentah, bawang putih juga bisa dicampurkan dengan air lemon hangat. Jus lemon merupakan stimulan penurunan berat badan.

Selain itu, ada juga beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk diet. Berikut di antaranya, mengutip Very Well Fit.

1. Memasukkan bawang putih cincang ke adonan telur.
2. Memasukkan bawang putih cincang ke dressing salad.
3. Taburi makanan panggang dengan bawang putih cincang.
4. Gunakan bawang putih sebagai bumbu setiap masakan Anda. Hancurkan atau iris bawang putih dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dimasak untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER