5 Kebiasaan yang Tetap Bantu Turunkan Berat Badan Saat Tidur

tim | CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 21:00 WIB
Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan bahkan saat Anda tertidur nyenyak. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan bahkan saat Anda tertidur nyenyak. ( iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menurunkan berat badan memang menuntut banyak kesabaran, tetapi konsistensi adalah kunci untuk mencapai tubuh yang ideal dan bugar. Perubahan sederhana dalam hidup yang dilakukan secara konsisten dapat membawa perbedaan besar untuk kesehatan dan berat badan Anda.

Berolahraga secara teratur dan diet yang tepat memang penting untuk mencapai berat badan ideal. Tapi mengubah gaya hidup secara konsisten juga harus dilakukan, sebab beberapa kebiasaan baik bisa membantu Anda membakar kalori bahkan ketika tidur nyenyak.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan bahkan saat Anda tertidur nyenyak.


1. Latihan beban

Latihan beban dipercaya bisa membakar kalori tak hanya saat latihan dilakukan tetapi setelah sesi selesai. Oleh karena itu latihan beban bisa membuat Anda kehilangan berat badan meskipun sedang tidur nyenyak.

Dilansir dari Times of India, Anda bisa melakukan squat, lunges hingga push-up sebagai salah satu bentuk latihan beban yang bisa dilakukan meskipun tak pergi ke gym.

2. Makan tepat waktu

Penting untuk makan tepat waktu. Makan pada waktu yang sama setiap hari membantu Anda mengatur metabolisme, berat badan, penyakit terkait obesitas, dan siklus tidur. Mengikuti jadwal yang sama setiap hari akan membantu Anda menjaga keseimbangan antara waktu makan dan ritme sirkadian, yang merupakan proses alami yang mengatur siklus tidur hingga bangun.

3. Jangan makan berat di malam hari

Makan makanan berat sebelum tidur membuat tubuh sulit mencerna makanan. Jika ini terjadi terus-menerus bisa menyebabkan akumulasi lemak bahkan menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

4. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal membantu Anda menghindari ngemil larut malam. Dilansir dari Healthline, saat Anda begadang keinginan ngemil biasanya lebih besar. Cobalah untuk membatasi asupan makanan Anda 2-3 jam sebelum tidur.

5. Penuhi kebutuhan air di siang hari

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Eating Well Anda bisa menentukan target air harian yang memang dibutuhkan tubuh. Perbanyaklah minum di sore hari.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER