Melihat Koleksi Terakhir Virgil Abloh untuk Louis Vuitton

Fandi Stuerz | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 12:30 WIB
Dua bulan setelah kepergian Virgil Abloh, Louis Vuitton merayakan karya terakhir sang desainer untuk koleksi pakaian pria musim gugur 2022. Dua bulan setelah kepergian Virgil Abloh, Louis Vuitton merayakan karya terakhir sang desainer untuk koleksi pakaian pria musim gugur 2022. (CNN Indonesia/Fandi Stuerz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua bulan setelah kepergian Virgil Abloh, Louis Vuitton merayakan karya terakhir sang desainer untuk koleksi pakaian pria musim gugur 2022.

Untuk koleksi terakhir yang turut menjadi karya ke-8 Abloh di rumah mode ini, ia kembali ke masa kanak-kanak, dengan kepolosan dan kebebasan berekspresi yang belum dipengaruhi oleh konstruksi-konstruksi sosial hitam putih, seperti dualisme maskulin-feminin serta kelas tinggi-jelata yang sering ia eksplorasi.

Bertajuk 'Louis Dreamhouse', Abloh menggali esensi sebuah rumah, menciptakan koleksi yang memuat optimisme, yang dikerjakan oleh tim yang ia rekrut sejak awal kariernya dan dititikberatkan pada kolaborasi.


Boyhood Ideology, yakni ideologi menurut Virgil yang menggambarkan sensibilitas anak-anak menjadi leitmotif.

Karyanya kali ini begitu kaya dengan detail: motif rumah Asniere, rumah milik keluarga Louis Vuitton asli yang masih berdiri hingga kini, fitur-fitur filtrage yang menggabungkan denim dengan renda, serta teknik jahitan Jepang Boro.

Selain itu, dia menggabungkan warna-warna ceria dengan tekstur, elemen-elemen tailoring seperti setelan bisnis dipadukan dengan motif-motif kartun Grim Reaper, dan sportwear yang dipasangkan dengan gaun- sebuah koleksi yang terlihat kompleks.

Namun, pada koleksi ini ia tetap memiliki kohesi ide dan keseimbangan antara fantasi dan desain kontemporer.

Tas Damier dibuat seperti terdistorsi. Aksesori berbentuk layaknya sayap kupu-kupu yang terinspirasi dari layang-layang dibuat dari renda, tulle, poplin katun, topi baseball dengan motif binatang, hingga perhiasan berbahan enamel, paladium, dan kristal.

Virgil Abloh, yang meninggal dunia pada November tahun lalu, bahkan dikabarkan telah membuat konsep untuk beberapa koleksi lain.

Seorang polimath- desainer untuk dua rumah mode, kolaborator seniman lain seperti Ye, desainer produk dan interior, hingga DJ, tidak heran jika ide-ide yang ia refleksikan untuk koleksi ini sangat variatif.

"Kita adalah generasi yang senantiasa mencari pakem untuk didobrak. Atau, pakem-pakem yang sebenarnya", ucapnya seperti dikutip di dalam show note.

Bagi Abloh, show note-nya (yang kali ini setebal 87 halaman) merupakan sebuah karya literasi yang melengkapi koleksinya untuk Louis Vuitton.

Ia menjelaskan bagaimana sebuah ide yang dianggap 'tua' masih memiliki relevansi dan harus disandingkan dengan sesuatu yang baru.

Koleksi Terakhir Louis Vuitton Men Karya Virgil AblohDua bulan setelah kepergian Virgil Abloh, Louis Vuitton merayakan karya terakhir sang desainer untuk koleksi pakaian pria musim gugur 2022. (CNN Indonesia/Fandi Stuerz)

Hal ini digambarkan dengan munculnya dua lukisan karya realist Gustave Courbet bertajuk 'The Painter's Studio' serta karya surealist Giorgio de Chirico yakni 'Souvenir d'Italie' dalam motif cetakan ke mantel dan jaket dengan potongan streetwear. Abloh juga menampilkan dualitas antara klasik dan baru, tema orisinalitas, asal-muasal, dan sebuah storytelling yang menakjubkan.

Sebagai seorang DJ, Abloh selalu menjadikan musik bagian penting dari pertunjukannya. Kali ini, musisi Tyler, the Creator menciptakan aransemen bersama Arthur Verocai, dan dimainkan oleh Chineke! Orchestra serta dipimpin oleh Gustavo Dudamel, music director Opera National de Paris.

Setelah pagelaran usai, gemuruh standing ovation menyambut tim studio Louis Vuitton yang keluar, bergabung dengan para model.

Tamu-tamu undangan memberikan penghormatan bagi seorang trailblazer mode yang di akhir hayatnya mampu menciptakan koleksi pamungkas yang matang, kompleks, dan sangat berkesan.

Koleksi Terakhir Louis Vuitton Men Karya Virgil AblohDua bulan setelah kepergian Virgil Abloh, Louis Vuitton merayakan karya terakhir sang desainer untuk koleksi pakaian pria musim gugur 2022. (CNN Indonesia/Fandi Stuerz)
(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER