Panduan Isoman untuk Pasien Covid-19 Varian Omicron

tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 10:15 WIB
Kemenkes kini memperbolehkan pasien Covid-19 varian Omicron menjalani isolasi mandiri di rumah dengan kriteria tertentu. Berikut panduan isoman di rumah. Kemenkes kini memperbolehkan pasien Covid-19 varian Omicron menjalani isolasi mandiri di rumah dengan kriteria tertentu. Berikut panduan isoman di rumah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan RI kini memperbolehkan pasien yang terdeteksi Covid-19 varian Omicron menjalani isolasi mandiri di rumah dengan kriteria tertentu. Berikut panduan isolasi mandiri atau isoman di rumah bagi pasien Covid-19 varian Omicron.

Pasien Covid-19 varian Omicron yang diperbolehkan isolasi mandiri adalah mereka yang berusia kurang dari 45 tahun, positif Covid-19 tanpa gejala, dan tak memiliki riwayat penyakit penyerta.

Tak hanya itu, tempat isolasi mandiri rumah juga wajib mendukung dengan ketentuan salah satunya dapat isoman di kamar terpisah dengan anggota keluarga lain.


Berikut panduan isolasi mandiri atau isoman di rumah bagi pasien Covid-19 varian Omicron demi mengurangi risiko penularan.

1. Alat makan terpisah

Jika ada anggota keluarga yang positif Covid-19, selain berada di ruangan yang terpisah, alat makan dan waktu makan pun harus dilakukan secara terpisah.

"Makan terpisah dan rajin cuci tangan seperti yang dianjurkan," ujar dokter spesialis penyakit dalam RA. Adaninggar, Juli silam.

2. Beri jeda waktu penggunaan kamar mandi

Untuk rumah yang hanya memiliki satu kamar mandi untuk dipakai bersama, Adaning menyarankan saat dipakai bergantian baiknya diberi jeda beberapa jam.

"Kalau kamar mandi ada ventilasi, pas jeda itu ventilasi dibuka. Lalu diberi jeda 2-3 jam kalau bisa, kalau enggak, satu jam tapi pintu sama jendelanya dibuka," katanya.

Jeda waktu ini dilakukan agar ada pertukaran udara demi mengurangi penularan Covid-19.

Selain jeda waktu, orang yang sakit Covid-19 juga perlu membersihkan permukaan yang sering dia sentuh setelah selesai menggunakan kamar mandi. Di antaranya seperti gagang pintu, saklar lampu, flush toilet dan sebagainya.

"Itu bisa disemprot disinfektan atau kasih alkohol Lebih ribet memang tapi yang penting ventilasi untuk mengurangi penularan," tambah Adaning.

3. Kelola sampah medis

Sementara untuk sampah medis seperti masker, ia juga menganjurkan dikelola secara baik.

Bagi orang yang terinfeksi, masker yang sudah dipakai sebaiknya digunting lebih dahulu. Setelah itu, kumpulkan dalam satu plastik sebelum dibuang.

Simak panduan isoman bagi pasien Covid-19 Omicron lainnya di halaman berikut.

Dukungan psikis dan fisik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER