4 Tips Bikin Anak Senang Jalani Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

ShopeePay | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 18:02 WIB
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah membuat siswa, guru, sampai orang tua kembali beradaptasi setelah sekian lama belajar secara online selama pandemi. Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020 lalu telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Seperti di hampir semua sektor, pendidikan pun menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara online.

Pembelajaran secara daring yang sudah dijalankan selama berbulan-bulan membuat anak terbiasa dan bahkan nyaman untuk mengikuti pelajaran dari rumah. Pun begitu orang tua dan keluarga ikut beradaptasi dengan situasi ini meski tidak mudah.

Beberapa waktu lalu, pemerintah mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah seiring semakin membaiknya penanganan pandemi Covid-19.


Di sisi lain, PTM di sekolah punya kelebihan. Misalnya siswa bisa berinteraksi secara langsung dengan teman sebaya, mendapatkan pelajaran secara langsung dari guru, hingga merasakan asyiknya bermain bersama ketika jam istirahat tiba.

Namun tantangannya PTM juga membuat siswa, guru, sampai orang tua harus kembali beradaptasi setelah sekian lama belajar secara daring. Salah satu yang perlu dilakukan orang tua dalam proses adaptasi PTM ini adalah menjaga mood si kecil agar bisa tetap gembira dan menikmati belajar di sekolah.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba orang tua agar buah hati tetap merasa nyaman selama PTM.

1. Bawa Bekal Sehat dari Rumah

Asupan makanan bergizi serta terjamin kebersihannya sangat diperlukan di saat pandemi seperti ini. Selain gizi dan kualitas bahan baku yang terjamin, dengan membawa bekal dari rumah, orang tua juga bisa membuat kreasi aneka menu agar anak semakin bersemangat untuk menikmati bekalnya di sekolah.

Tidak perlu repot, orang tua bisa memesan berbagai bahan masakan segar terbaik di platform belanja bahan makanan online seperti Pasarnow dan IDMarco. Orang tua juga bisa membeli makanan utuh yang tentunya praktis dan terjamin dari segi kualitas sebagai bekal anak seperti Solaria, DCOST, Eatlah, Hokben, Salad Bowl, hingga SaladStop!.

Lengkapi bekal anak dengan snack tambahan yang bernutrisi seperti susu dan biskuit. Tanpa perlu khawatir cucian menumpuk, bekal praktis untuk anak siap dihidangkan.

2. Kenali Gaya Belajar Anak

Salah satu cara jitu untuk meningkatkan semangat belajar anak di sekolah adalah dengan mengenali gaya belajar yang mereka sukai. Setiap anak pasti memiliki preferensi yang berbeda.

Bahkan, bisa jadi mereka memiliki cara belajar yang berbeda untuk mata pelajaran yang berbeda pula. Agar anak happy dan pembelajaran semakin efektif, orang tua bisa mencari tahu cara belajar yang disukai oleh anak.

Gaya belajar sendiri mencakup empat tipe, yaitu visual atau mengandalkan indra penglihatan; auditori, yakni memanfaatkan pendengaran; kinestetik atau menggunakan gerakan fisik; dan linguistik yang belajar dengan memakai verbal atau kata-kata.

Dengan mengenal gaya belajar anak, orang tua dapat semakin paham dalam menyediakan lingkungan belajar agar proses pembelajaran semakin maksimal. Manfaatkan juga platform edukasi online seperti Zenius Education, sekolah.mu, atau Cabaca untuk semakin menggali potensi anak. Niscaya, proses belajar akan semakin menyenangkan dan anti rewel.

3. Jadwalkan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Tanpa dipungkiri, selain kesenangan anak, kesehatan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat menjalani pembelajaran tatap muka. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memastikan anak tetap dalam keadaan prima.

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, orang tua dapat mengevaluasi kondisi tubuh si kecil dan mengantisipasi hal-hal yang diperlukan apabila anak merasa lelah dan letih.

Gunakanlah situs online seperti Alodokter, AIDO Health, dan Natural Farm untuk memenuhi kebutuhanmu dalam memeriksa kondisi kesehatan selama menjalani PTM. Agar semakin fit, siapkan juga vitamin dan suplemen tambahan yang sesuai dengan kebutuhan sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga

4. Akhir Pekan, Quality Time

Setelah menghabiskan waktu di sekolah, tidak ada salahnya untuk mengajak anak menikmati akhir pekan dengan menghabiskan waktu bersama. Tentu menyenangkan apabila bisa menikmati akhir pekan dengan belanja dan jajan snack favorit si kecil seperti Auntie Anne's, CFC, Happy Lemon, Jolly Time, Ta Wan, Thai Street, hingga Ya Kun Kaya Toast.

Agar makin hemat, manfaatkan promo pada kampanye ShopeePay Day yang berlangsung pada 22-24 Januari dan nikmati ragam promo seperti voucher ShopeePay Serba Rp10, Flash Sale Rp1, hingga Minimarket Diskon 100%.

Selain itu, ajak anak menjalani aktivitas baru yang belum pernah dicoba bersama sebelumnya. Misalnya staycation di Bobobox, relaksasi diri dengan pijat di Mizulife, atau bahkan belajar hal baru menggunakan aplikasi Inspigo.

Agar semakin hemat, gunakanlah promo-promo pada kampanye Shopee Mantul Sale yang akan berlangsung pada 25-27 Januari mendatang. Kampanye ini punya sederet promo seperti Voucher ShopeePay Rp1, Gratis Ongkir Rp0, dan Flash Sale Serba Seribu yang bisa digunakan di berbagai merchant seperti Sour Sally, Penyetan Cok, Urban Latte, Maxx Coffee, Excelso, Pepper Lunch, Texas Chicken, Shaburi & Kintan, Yogya Online, Edogawa Store, Lakupon, dan masih banyak lagi.

Itulah empat tips agar anak tetap senang selama mengikuti PTM di sekolah. Agar semakin hemat, orang tua bisa memanfaatkan kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale di merchant favorit.

Cek informasi lebih lanjut mengenai promo ShopeePay Day di sini. Untuk Shopee Mantul Sale, kamu bisa mendapatkan informasi lainnya di sini.

(osc/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER