Studi: Vaksin Booster Efektif Cegah Rawat Inap Covid-19 Omicron

tim | CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 15:53 WIB
Studi terbaru menunjukkan vaksin booster efektif cegah rawat inap di tengah virus corona varian Omicron yang semakin menyebar. Studi terbaru menunjukkan vaksin booster efektif cegah rawat inap di tengah virus corona varian Omicron yang semakin menyebar.(Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika Anda sudah vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan, segera dapatkan vaksin booster. Studi terbaru menunjukkan vaksin booster efektif cegah rawat inap di tengah virus corona varian Omicron yang semakin menyebar.

Penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menunjukkan vaksin booster dapat memberikan proteksi terhadap penyakit parah dari varian Omicron. Orang yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga ini juga memiliki kemungkinan lebih rendah dirawat di rumah sakit dan UGD.

Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis data dari 10 negara bagian pada Agustus 2021 hingga Januari 2022.


Secara rinci, hasil analisis menunjukkan orang yang telah vaksin booster memiliki kemungkinan 82 persen lebih rendah dirawat di UGD dibandingkan dengan orang yang tidak divaksin. Orang yang sudah booster juga punya kemungkinan 90 persen lebih kecil di rawat di rumah sakit.

Orang yang tidak divaksinasi memiliki risiko kematian akibat Covid-19 20 kali lebih tinggi daripada yang sudah divaksin.

CDC juga menemukan bahwa perlindungan orang yang sudah divaksin booster lebih tinggi dibandingkan orang yang baru mendapatkan dua dosis vaksin. Perlindungan terbesar terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun, lalu diikuti oleh orang yang berusia 50-64 tahun.

"Laporan-laporan ini menambahkan lebih banyak bukti tentang pentingnya mengikuti vaksinasi Covid," kata direktur CDC, Rochelle Walensky, dikutip dari Healthline.

Di Indonesia, vaksin booster bisa didapatkan setelah Anda mendapatkan tiket undangan di aplikasi PeduliLindungi. Tunjukkan tiket tersebut ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin booster.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER