5 Tanda Sabun Cuci Muka yang Cocok di Kulit

tim | CNN Indonesia
Kamis, 03 Feb 2022 11:04 WIB
Cara mengetahui sabun cuci muka yang cocok di kulit atau tidak, bisa diketahui dari tanda-tanda berikut ini. Cara mengetahui sabun cuci muka yang cocok di kulit atau tidak, bisa diketahui dari tanda-tanda berikut ini. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencuci muka dengan sabun atau face wash merupakan cara efektif untuk mengangkat kotoran dan membersihkan sisa riasan di wajah yang dapat memicu permasalahan kulit.

Akan tetapi, manfaat dari sabun cuci muka ini dapat memberi reaksi berbeda-beda pada setiap jenis kulit. 

Cara mengetahui sabun cuci muka yang cocok di kulit atau tidak, bisa diketahui dari tanda-tanda berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidak menimbulkan iritasi

Indikator paling mudah untuk mengetahui bahwa sabun cuci muka Anda cocok yaitu tidak menimbulkan iritasi, terutama di bagian hidung atau pipi.

Sabun dengan formula yang sesuai jenis kulit relatif aman meski digunakan dalam jangka waktu panjang.

Tapi sebaliknya, jika selama pemakaian sudah menyebabkan kemerahan, kulit terasa kering, atau muncul banyak komedo, maka sebaiknya segera mengganti produk yang baru.


2. Bebas kilap

ilustrasi cuci muka dengan sabun wajahTanda sabun cuci muka yang cocok adalah membuat kulit segar dan bebas kilap (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Salah satu manfaat dari sabun cuci muka adalah membersihkan kulit supaya lebih segar.

Apabila setelah memakai face wash kulit jadi terlihat bersih serta sehat, hal itu sudah cukup membuktikan bahwa sabun tersebut memang cocok.

Berbeda dengan sabun yang tidak cocok. Hasilnya di kulit akan tampak mengilap bahkan lebih mudah berminyak.


3. Tidak membuat muka menjadi kusam

Tanda sabun cuci muka yang cocok berikutnya yaitu tidak membuat kulit menjadi kusam atau gelap.

Formula sabun muka dengan kandungan bahan alami seperti madu, aloe vera, ekstrak buah-buahan, cenderung efektif dalam membersihkan sekaligus merawat kulit.

Kelebihan lain jika sabun yang Anda gunakan memang berbahan aman yaitu mampu memberi kelembapan serta mengandung antioksidan.


4. Tidak mudah berjerawat

Young beautiful woman touching skin in bathroom. Unhappy girl standing in towel, looking in the mirror, checking dry irritated skin. Morning skincare routine.Tanda sabun cuci muka yang cocok adalah tidak menimbulkan jerawat dan reaksi alergi lainnya (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi)

Sabun cuci muka terbaik tidak akan menimbulkan jerawat, ruam, beruntusan, atau memperparah produksi sebum dan komedo.

Pastikan Anda memilih sabun muka non-acnegenic atau noncomedogenic karena tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Jika dalam pemakaian 2 minggu mulai terjadi breakout alias kemerahan, gatal, dan muncul jerawat, segera evaluasi bahan-bahan dalam produk tersebut dan gunakan produk yang cocok kandungannya untuk kulit.


5. Kulit wajah tidak terasa kencang

Sebagian orang mungkin ada yang pernah merasakan usai mencuci muka dengan sabun, muncul sensasi kulit lebih kencang seperti ditarik.

Apabila mengalami hal itu, dipastikan bahwa kulit wajah Anda sudah kehilangan cadangan minyak di dalamnya. Jika lembap, terasa lembut, kenyal, ini pertanda sabun tersebut cocok.

Kondisi kulit terasa kencang jangan dianggap sepele karena lebih berisiko menimbulkan iritasi, pori-pori jadi besar, bahkan menurunkan elastisitasnya.

Begitu pun untuk jenis face wash yang mampu menghidrasi serta menjaga kelembapan kulit dalam waktu lama. Dapat dipastikan bahwa sabun tersebut memang aman berkualitas.

Itulah beberapa tanda-tanda sabun cuci muka yang cocok saat digunakan agar tidak menimbulkan permasalahan kulit lainnya yang lebih parah.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER