HARI KANKER SEDUNIA

7 Hal yang Bisa Dilakukan agar Terhindar dari Kanker Serviks

tim | CNN Indonesia
Jumat, 04 Feb 2022 13:09 WIB
Tanggal 4 Februari diperingati sebagai hari kanker serviks sedunia. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker serviks. Tanggal 4 Februari diperingati sebagai hari kanker serviks sedunia. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker serviks. ( PDPics/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanggal 4 Februari tepatnya hari ini diperingati sebagai hari kanker sedunia.

Kanker serviks menjadi salah satu kanker yang paling mengintai wanita dewasa setelah kanker payudara. Tak hanya itu, kanker ini juga bisa muncul tiba-tiba tanpa ada gejala yang pasti sebelumnya.

Di Indonesia, kanker serviks menjadi kanker dengan jumlah penderita terbesar kedua. Dilansir dari Indonesia Cancer Care Community menunjukkan, data GLOBOCAN pada 2018 ada sekitar 32.469 kasus kanker serviks dengan angka kematian sebanyak 18.279 kasus.

Meski menakutkan dan bisa menyerang siapa saja, kanker umumnya terjadi karena gaya hidup tidak sehat yang dijalani seseorang. Perubahan gaya hidup sederhana yang Anda jalani bisa memperkecil risiko terkena kanker, baik kanker serviks maupun kanker lainnya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker serviks.

1. Tidak merokok

Jenis tembakau apapun memperbesar peluang Anda terkena kanker. Dilansir dari Mayo Clinic, merokok dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, dari mulai kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, pankreas, kandung kemih, leher rahim hingga ginjal.

2. Makan makanan yang sehat

Konsumsi banyak sayuran dan buah lebih baik daripada menikmati satu kantong besar keripik kentang yang tidak sehat. Mendasarkan diet pada buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber nabati seperti biji-bijian dan kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh.

Anda juga sebaiknya membatasi jumlah konsumsi daging olahan. Sebuah laporan dari International Agency for Research on Cancer, menyimpulkan bahwa makan daging olahan dalam jumlah besar meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

3. Lakukan vaksinasi

Mencegah diri Anda terkena kanker juga bisa dilakukan dengan melindungi diri dari infeksi virus penyebab berbagai penyakit. Ini bisa dilakukan dengan melakukan suntik vaksin yang telah dianjurkan oleh dokter.

4. Olahraga teratur

Dilansir dari Harvard Medical School, aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. Olahraga juga tampaknya mengurangi risiko wanita terkena kanker payudara dan kemungkinan kanker reproduksi.

5. Hindari paparan radiasi

Lindungi diri dari radiasi ultraviolet di bawah sinar matahari yang meningkatkan risiko melanoma dan kanker kulit lainnya.

6. Tingkatkan kualitas tidur

Jadikan kualitas tidur sebagai prioritas. Saat Anda terlalu banyak begadang dan kualitas tidur memburuk berat badan akan naik yang merupakan faktor risiko kanker.

7. Konsumsi vitamin D

Vitamin D dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker lainnya. Vitamin D bisa didapat dari konsumsi makanan laut seperti ikan salmon, ikan halibut, makarel hingga ikan tuna.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER