4 Minuman Herbal untuk Atasi Batuk

tim | CNN Indonesia
Jumat, 04 Feb 2022 15:00 WIB
Batuk adalah refleks yang membantu membersihkan dahak dan iritasi lain dari tenggorokan dan saluran udara Anda. Namun ada beberapa minuman herbal untuk batuk. Batuk adalah refleks yang membantu membersihkan dahak dan iritasi lain dari tenggorokan dan saluran udara Anda. Namun ada beberapa minuman herbal untuk batuk. (iStock/Moyo Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Batuk adalah refleks yang membantu membersihkan dahak dan iritasi lain dari tenggorokan dan saluran udara Anda. Namun ada beberapa minuman herbal untuk batuk.

Dalam banyak kasus, batuk terjadi sebagai gejala penyakit jangka pendek, seperti pilek, bronkitis, atau flu. Batuk kronis, di sisi lain, dapat disebabkan oleh asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau gangguan pencernaan seperti refluks asam.

Berikut beberapa minuman herbal untuk meredakan batuk:


1. Madu
Mengutip Very Well Health, madu tidak hanya menjadi tambahan yang lezat untuk minuman dan makanan penutup, tetapi juga merupakan obat sakit tenggorokan yang sudah lama ada.

Menurut sebuah penelitian, asupan madu dapat meredakan batuk malam hari lebih efektif daripada plasebo.

Coba tambahkan dua sendok teh madu dan perasan lemon ke dalam air hangat atau teh herbal. Anda juga bisa mengambil sesendok madu saja.

2. Air jahe
Jahe, bahan umum di sebagian besar dapur, sarat dengan sifat anti-inflamasi dan antitusif (penekan batuk) yang membantu meredakan batuk. Bumbu aromatik ini memecah dan menghilangkan lendir dari paru-paru, sehingga mengurangi batuk.

Anda dapat membuat teh jahe di rumah dengan mengupas dan mengiris tipis satu potong jahe dan menambahkannya ke dalam tiga cangkir air mendidih. Rebus selama sekitar 10 menit, saring, dan nikmati dengan sedikit madu dan seiris lemon.

3. Elderberry
Anda dapat mengonsumsi ekstrak elderberry sebagai suplemen dalam bentuk kapsul atau sirup. Ini mungkin tidak meredakan batuk Anda segera, tetapi penelitian menunjukkan itu bisa membuatnya hilang lebih cepat.

4. Sage
Mengutip Mind Body Green, sage secara historis telah digunakan untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan batuk, serta menawarkan sifat antibakteri.

Jika Anda merasa tidak enak badan, pertimbangkan untuk minum teh sage dengan menggabungkan dua sendok teh sage kering dengan delapan ons air. Seduh, lalu biarkan dingin. Minuman ini jadi minuman herbal untuk batuk.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER