Mengenal Gegar Otak Seperti yang Dialami Marc Marquez

Tim | CNN Indonesia
Senin, 21 Mar 2022 08:00 WIB
Gegar otak yang dialami pembalap Marc Marquez bukan kondisi medis yang bisa disepelekan. Apa itu gegar otak? Gegar otak seperti yang dialami Marc Marquez merupakan kondisi medis yang tak bisa disepelekan. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gegar otak yang dialami pembalap Marc Marquez bukan kondisi medis yang bisa disepelekan. Apa itu gegar otak?

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, pembalap dari Tim Repsol Honda tersebut dipastikan absen dari MotoGP Mandalika akibat gegar otak yang dialaminya. Kondisi itu dialaminya setelah terjatuh saat sesi pemanasan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3).

Gegar otak merupakan kondisi medis yang perlu perhatian. Bahaya lebih jauh akan mengintai jika tak mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Apa Itu Gegar Otak?

Menukil laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, gegar otak adalah jenis cedera otak traumatis yang disebabkan oleh benturan atau pukulan yang menyebabkan kepala dan otak bergerak cepat maju mundur.

Gerakan tiba-tiba tersebut dapat menyebabkan otak terpental atau berputar di tengkorak, serta menciptakan perubahan zat kimia di otak. Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut bisa merusak sel-sel di dalam otak.

Umumnya, gegar otak diklasifikasikan sebagai cedera otak ringan dan tidak mengancam jiwa. Namun demikian, efek gegar otak perlu diperhatikan.

Mengutip laman Mayo Clinic, gegar otak biasanya menimbulkan beberapa efek sementara seperti sakit kepala, serta beberapa masalah terkait konsentrasi, memori, keseimbangan, dan koordinasi.

Gejala Gegar Otak

Picture of adult woman waking up in the morning feeling sickIlustrasi. Sakit kepala merupakan salah satu gejala gegar otak seperti yang dialami Marc Marquez. (iStockphoto/Pornpak Khunatorn)

Gejala gegar otak seperti yang dialami Marc Marquez biasanya tak begitu kentara. Gejala bisa berlangsung dalam beberapa hari, bahkan beberapa pekan.

Berikut beberapa gejalanya:

- sakit kepala;
- telinga berdengung;
- mual, muntah;
- kelelahan;
- pandangan kabur;
- kebingungan;
- amnesia seputar peristiwa traumatis.

Simak selengkapnya tentang gegar otak di halaman berikutnya..

Penyebab dan Tanda Bahaya Gegar Otak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER