6 Manfaat Mandi Air Dingin yang Jarang Disadari

tim | CNN Indonesia
Kamis, 24 Mar 2022 06:50 WIB
Banyak orang memilih mandi air hangat dibanding air dingin. Padahal mandi air dingin punya banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Banyak orang memilih mandi air hangat dibanding air dingin. Padahal mandi air dingin punya banyak manfaat untuk kulit dan rambut. (iStock/torwai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mandi air dingin jelas tidak masuk pertimbangan mengingat cuaca kadang tidak bersahabat. Namun demi kulit dan rambut menawan, Anda perlu lebih sering mandi air dingin.

Mandi air dingin kerap dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Melansir dari Medical Daily, mandi air dingin akan meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan sirkulasi darah, stimulasi penurunan berat badan, sampai pemulihan nyeri otot.

Akan tetapi, rupanya mandi air dingin membawa manfaat buat kulit dan rambut. Apa saja?

1. Jaga kelembapan kulit

Saat air hangat atau panas mengikis kelembapan kulit, air dingin justru membuat kelembapan kulit terjaga. J. Rodney, dokter kulit, menambahkan air dingin bisa menenangkan kulit yang teriritasi sebab tidak melarutkan minyak alami kulit.

"Akan tetapi, jika Anda mandi air panas terlebih dahulu, minyak alami kulit Anda sudah terkelupas dan mandi air dingin tidak akan mengembalikan minyak ini," jelas Rodney mengutip dari Mind, Body, Green.

2. Redakan iritasi kulit

Jika Anda mengalami iritasi, mandi air dingin bisa membantu menenangkan kulit. Ava Shamban, dokter kulit, menyebut air dingin akan meredakan gatal kemerahan juga kondisi atopik lain.

Suhu dingin mampu mengurangi peradangan. Prinsip ini pula yang digunakan dalam aplikasi kompres dingin pada kulit yang terbakar sinar matahari, eksim atau iritasi lain.

3. Kulit kencang dan awet muda

Di samping skincare, Anda bisa menjaga kulit tetap segar dan muda dengan mandi air dingin. Rodney mengungkapkan air dingin mampu merangsang otot-otot kecil di pori sehingga kulit lebih kencang dan awet muda.

Senada dengan Rodney, Shamban berkata peningkatan peredaran darah juga memberikan perbaikan langsung dalam penampilan pori dan warna kulit meski sifatnya sementara. Saat pori lebih rapat, ini bisa mengurangi polutan yang masuk sehingga kulit lebih terjaga dari radikal bebas.

4. Rambut kuat

Sebum merupakan minyak alami yang melindungi kulit dan rambut. Air panas akan melarutkan sebum yang mana membuat rambut menjadi kering dan rusak. Dilansir dari India Times, mandi dan keramas dengan air dingin akan mencegah kehilangan sebum, menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok.

5. Kulit kepala tetap sehat

Keramas dengan air hangat atau panas memang lebih nyaman. Namun ini berisiko mengikis minyak alami kulit kepala sehingga timbul kekeringan, gatal, kulit mengelupas sampai kemerahan. Air dingin pun sangat direkomendasikan jika Anda ingin memiliki kulit kepala sehat.

"Air dingin, tidak seperti air panas, tidak mengeringkan lapisan pelumas alami yang memberikan perlindungan bagi kulit dan rambut Anda, yang dikenal sebagai lapisan sebum," kata Annagjid 'Kee' Taylor, penata rambut selebriti.

6. Rambut lembut dan berkilau

Helai rambut dilindungi lapisan terluar yakni kutikula. Panas dan uap dengan mudah membuka kutikula. Di satu sisi, ini memudahkan produk perawatan rambut meresap sempurna. Namun di sisi lain, helai rambut bisa rentan akan kerapuhan.

Taylor menyebut mandi air dingin akan menutup pori dan kutikula sehingga rambut tetap terjaga kelembapan, lebih halus, berkilau dan tidak kusut.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER