10 Macam Buah yang Tidak Perlu Masuk Kulkas

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Apr 2022 08:57 WIB
Tidak semua bahan makanan ternyata perlu masuk kulkas, termasuk beberapa jenis buah. Berikut daftar buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Tidak semua bahan makanan ternyata perlu masuk kulkas, termasuk beberapa jenis buah. Berikut daftar buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas. (iStock/carlosgaw)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberadaan kulkas untuk menyimpan aneka makanan berguna untuk menjaga kualitas makanan dan memperlambat proses pembusukan.

Hanya saja, tidak semua bahan makanan ternyata perlu masuk kulkas, termasuk beberapa jenis buah. Berikut daftar buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Buah-buahan berikut lebih layak diletakkan di dapur atau meja makan dengan suhu ruangan daripada disimpan di kulkas. Karena suhu rendah atau dingin hanya akan memicu kerusakan pada buah tertentu, baik dari segi tekstur, rasa, maupun kandungan nutrisinya.


Berikut 10 macam buah yang tidak perlu masuk ke kulkas.


1. Alpukat

ilustrasi alpukatIlustrasi. Alpukat termasuk buah yang tidak perlu masuk ke kulkas. (iStockphoto/Milan Krasula)

Ketika membeli buah alpukat yang belum matang, sebaiknya simpan di tempat dengan suhu ruang. Sebab suhu dingin dalam kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat. Sebaliknya, meletakkan di suhu ruang atau di luar kulkas akan membantu alpukat cepat matang.

Melansir dari Food Network, jika Anda kebetulan memperoleh alpukat dalam kondisi sudah matang dan tidak berencana mengonsumsinya langsung, alpukat bisa disimpan di kulkas. Alpukat pun masih bisa bertahan selama beberapa hari.


2. Melon

Ilustrasi Buah MelonIlustrasi. Buah melon sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. ( Meditations/Pixabay)

Melon mengandung antioksidan seperti vitamin C, zeaxanthin, likopen, dan betakaroten yang menetralkan radikal bebas yang merusak sel. Untuk menjaga nutrisi pelindung kesehatan ini tersebut, simpan melon utuh di suhu ruangan.

Apabila buah sudah telanjur dipotong, segera habiskan sebab udara dingin pada kulkas hanya akan memecah antioksidan halus pada melon.


3. Semangka

ilustrasi potongan semangkaIlustrasi. Semangka termasuk buah yang tidak perlu masuk ke kulkas. (iStockphoto/DeeNida)

Sama halnya dengan melon, memotong semangka lalu memasukkannya ke kulkas selama ini dianggap sebagai ide terbaik. Namun kenyataannya, menyimpan semangka di kulkas hanya akan merusak kandungan antioksidannya.

Sebaiknya simpan melon dan semangka dalam kondisi utuh dan hanya diiris ketika akan disantap. Jika sudah dalam kondisi terpotong, sebaiknya buah disimpan di kulkas dalam kondisi terbungkus maksimal 3-4 hari saja.


4. Mangga

Mango yellow on white plate with wooden background. fruit food tropical thailand concept.Ilustrasi. Mangga termasuk buah yang tidak perlu masuk ke kulkas. ( iStockphoto/wing wing)

Mangga juga termasuk buah yang paling baik disimpan di suhu ruangan. Dilansir dari laman Eatthis, saran metode penyimpanan ini mengikuti suhu lokasi mereka tumbuh, yakni lingkungan tropis atau hangat.

Akan tetapi bukan berarti menyimpan buah-buahan tropis seperti mangga ini di kulkas jadi sesuatu yang 'haram' dilakukan. Jika Anda ingin menyantapnya beberapa jam lagi, sebaiknya kupas dan potong buah, taruh di wadah yang tertutup rapat lalu simpan di freezer.


Buah yang tidak perlu masuk kulkas lainnya, lanjut halaman dua...

10 Macam Buah yang Tidak Perlu Masuk Kulkas

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER