Kemenkes: Vaksin Kanker Serviks Sasar Siswi Kelas 5 dan 6 SD

tim | CNN Indonesia
Selasa, 19 Apr 2022 15:48 WIB
Kementerian Kesehatan RI sendiri menyebutkan program vaksin kanker serviks atau vaksin HPV ini dimulai dengan menyasar pelajar perempuan di Sekolah Dasar. Siswi kelas 5 SD mendapat vaksin kanker serviks D Negeri 11 Pagi Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa, 4 Oktober 2016 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksin kanker serviks jadi vaksin wajib di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika & Eropa yang diunggah di YouTube, Minggu (18/4).

Program wajib vaksin kanker ini diproyeksikan berjalan sejak 2021. Kendati demikian, pada 2021 lalu program ini baru berlangsung di dua provinsi dan lima kabupaten/kota.

Kementerian Kesehatan RI sendiri menyebutkan program vaksin kanker serviks atau vaksin HPV ini dimulai dengan menyasar pelajar perempuan di Sekolah Dasar.

"HPV diberikan pada siswi kelas 5 dan 6 SD dan diberikan sebanyak dua kali," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Prima Yosephine dikutip dari Antara.

Proses pemberian vaksin kanker servis sebagai vaksin wajib ini berlangsung bersamaan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diselenggarakan pada Agustus dan November setiap tahunnya.

Sebelum vaksin kanker serviks jadi vaksin wajib di Indonesia dan berlaku pada 2023-2024, Prima menyebut, vaksinasi HPV sudah dimulai di dua provinsi dan lima kabupaten atau kota di Indonesia, sejak 2021 lalu. Di tahun ini, akan diperluas di tiga provinsi dan lima kabupaten/kota.

Tak dimungkiri kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi pada wanita, selain kanker payudara. Meski demikian, bukan hanya wanita yang bisa terinfeksi oleh virus HPV (human papillomavirus) penyebab kanker serviks pada wanita.

Kaum pria juga bisa terinfeksi virus tersebut melalui hubungan intim dengan penderita kanker serviks. Pada pria infeksi HPV akan menyebabkan penyakit kulit dan kelamin pada laki-laki.

Untuk mencegah tingginya angka kematian akibat kanker ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikinmenyampaikan akan menambah vaksin kanker serviks jadi salah satu vaksin wajib di Indonesia.

Infografis Mengenal dan Mencegah Kanker ServiksFoto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia
Infografis Mengenal dan Mencegah Kanker Serviks
(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER