Cerita Zaskia Mecca Dapat Pesan dari Julia Perez soal Kanker Serviks

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 05 Feb 2022 08:35 WIB
Artis  Zaskia Adya Meca pernah mendapat pesan dari mendiang Julia Perez mengenai kanker serviks. Artis Zaskia Adya Meca pernah mendapat pesan dari mendiang Julia Perez mengenai kanker serviks.(Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artis Zaskia Adya Mecca dulu tidak begitu memahami ancaman kanker serviks hingga dirinya bertemu mendiang Julia Perez yang akrab disapa Jupe. Saat itu, Zaskia berkesempatan menjenguk Jupe di sela-sela pengobatan kanker serviksnya.

Istri Hanung Bramantyo ini pun seolah mendapatkan contoh nyata bagaimana dampak kanker serviks.

"Zas, lu bantu semua perempuan Indonesia. Lu liat gue, gue coba semua pengobatan, pengobatan apapun. Kalau udah terlambat, yah terlambat aja," kata Zaskia mengenang pesan mendiang Jupe dalam konferensi pers Hari Kanker Sedunia, Jumat (4/2).

Apa yang dikatakan almarhum begitu membekas dalam benak Zaskia. Ia pun mulai menyuarakan kesadaran akan kanker serviks dimulai dari keluarga sendiri terutama buah hatinya.

Akan tetapi vaksin HPV belum masuk dalam vaksinasi wajib buat anak. Namun rupanya terdapat program vaksinasi HPV di sekolah dalam kegiatan BIAS atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Saat itu program vaksinasi HPV ditujukan buat anak perempuan di atas 9 tahun sehingga sang putri, Kana Sybilla bisa turut vaksin.

"Saya mulai aware [dengan kanker serviks] apalagi ada anak perempuan. Nah investasi terbaik buat anak itu termasuk investasi kesehatan dalam bentuk vaksin lengkap," katanya.

Kini Sybil sudah menerima dosis kedua atau dosis terakhir vaksin. Setelah Sybil, Kala Madali pun akan menerima vaksin saat usianya genap 9 tahun. Zaskia akan menjadikan vaksin HPV sebagai hadiah ulang tahun Kala.

Seperti Zaskia, pertemuan dengan mendiang Jupe turut meningkatkan kesadaran artis Prilly Latuconsina akan kanker serviks. Sebenarnya kakak dari ibunda Prilly meninggal akibat kanker serviks. Namun pengalaman ini belum membuat Prilly mengambil tindakan pencegahan hingga dia mendengar Jupe terdiagnosis kanker serviks.

"Kami banyak sharing. Aku sampai ke rumah pas selesai kemoterapi. Dia cerita, lalu kenalin aku ke vaksin. [Dia bilang] kanker serviks ada vaksinnya lho. Waktu itu belum tahu kalau kanker ada vaksinnya," ujar Prilly dalam kesempatan serupa.

Prilly mengaku dirinya sempat bingung dengan aneka informasi bercampur hoaks tentang vaksin HPV. Dia memutuskan mengunjungi dokter bersama sang bunda untuk mendapatkan penjelasan yang benar. Saat itu juga, ia memutuskan untuk vaksinasi HPV.

Baik Zaskia maupun Prilly sepakat bahwa pencegahan kanker serviks dengan vaksin HPV sangat penting dilakukan. Pencegahan bisa dimulai dari diri sendiri lalu keluarga. Bahkan Prilly menekankan, baik sudah aktif secara seksual maupun belum, vaksinasi HPV perlu dilakukan.

"Mau sexual active, mau non-sexual active, pokoknya vaksin," katanya.

(els/ptj)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER