6 Penyebab Puting Payudara Sakit dan Nyeri

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 21:00 WIB
Puting payudara bisa terasa sakit saat tidak dalam kondisi menyusui. Apa saja penyebab puting payudara sakit meski tak menyusui? Ilustrasi. Ada beberapa penyebab puting payudara terasa sakit meski tidak sedang menyusui. (iStockphoto/catinsyrup)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rasa sakit di bagian puting payudara mungkin pernah Anda alami. Padahal, Anda tidak sedang hamil atau menyusui.

Rasa sakit itu bisa muncul dalam bentuk nyeri seperti tertekan, kesemutan, berdenyut, atau sensasi terbakar yang cukup mengganggu. Ada beberapa penyebab puting payudara sakit, meski tidak dalam kondisi hamil atau menyusui.

Rasa sakit di bagian puting juga tidak terbatas hanya dirasakan wanita, pria juga bisa mengalaminya tergantung pada penyebab nyeri itu sendiri. Biasanya, nyeri puting berasal dari trauma pada puting misal karena menyusui hingga aktivitas seksual.


Penyebab Puting Payudara Sakit

Berikut beberapa alasan puting payudara terasa nyeri padahal tidak hamil atau menyusui.

1. Aktivitas seksual

Dikutip dari Very Well Health, permainan pada puting selama berhubungan seks bisa menyebabkan iritasi dan nyeri. Meski demikian, masalah ini biasanya hanya berlangsung sebentar dan akan hilang dengan sendirinya.

2. Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab puting payudara terasa sakit.

Saat main ke pantai dan hanya mengenakan bikini tipis, payudara bisa terpapar sinar matahari dan bisa membuat area puting terasa nyeri. Anda bisa mengoleskan tabir surya untuk menghindari hal ini terjadi.

3. Periode menstruasi

Young woman lying down on sofa in living room covered by blanket. Unrecognizable person.Ilustrasi. Menstruasi, salah satu penyebab puting payudara terasa sakit saat tidak menyusui. (istockphoto/LukaTD)

Sebagian wanita akan merasa sakit pada puting sebelum menstruasi. Dikutip dari Healthline, rasa sakit ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron, yang menyebabkan payudara terisi cairan dan membesar.

Rasa sakit akan hilang begitu menstruasi Anda tiba atau segera sesudahnya.

4. Eksim atau dermatitis

Kerak, mengelupas, atau melepuh di sekitar puting selain rasa sakit dapat mengindikasikan kondisi kulit yang disebut dermatitis. Eksim adalah salah satu jenis dermatitis.

Dermatitis terjadi ketika sel-sel kekebalan di kulit bereaksi berlebihan dan menyebabkan peradangan. Terkadang, Anda bisa terkena dermatitis karena bersentuhan dengan zat yang mengiritasi seperti deterjen atau sabun.

5. Kanker payudara

Nyeri puting merupakan salah satu tanda kanker payudara. Seiring dengan rasa sakit, Anda mungkin juga memiliki gejala seperti berikut:

- benjolan di payudara;
- perubahan puting seperti kemerahan;

- bersisik, atau membelok ke dalam;
- keluarnya cairan dari puting selain ASI;
- perubahan ukuran atau bentuk satu payudara.

6. Gesekan

Bra berenda bisa memengaruhi puting Anda. Gesekan dari bra menjadi salah satu penyebab puting payudara terasa sakit.

Dikutip dari Cosmopolitan, untuk berolahraga atau aktivitas berat, pakailah bra olahraga yang bagus untuk menghindari lecet pada puting dan gunakan bra katun untuk kegiatan sehari-hari jika puting mulai terasa sakit akibat gesekan.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER