3 Tips Agar Terlihat Cantik dan 'Glowing' saat Lebaran

CNN Indonesia
Minggu, 01 Mei 2022 11:54 WIB
Meski tak menjadi yang utama, tak ada salahnya memperhatikan kulit wajah jelang Lebaran. Berikut beberapa tips terlihat glowing saat Lebaran. Ilustrasi. Meski tak menjadi yang utama, tak ada salahnya memperhatikan kulit wajah jelang Lebaran. (iStockphoto/kitthanes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak persiapan yang biasanya dilakukan menjelang Lebaran. Meski tidak menjadi yang utama, ada baiknya Anda juga memperhatikan penampilan saat Lebaran.

Saat Lebaran, Anda biasanya akan bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, atau teman. Agar penampilan terlihat lebih menarik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk dengan mencerahkan kulit wajah.

Hampir setiap orang mendambakan kulit sehat dan bersinar. Namun sayangnya, sebagian orang mengalami masalah kulit kusam yang terlihat tak sehat, tidak cerah, dan terdapat bintik hitam.


Berikut cara mencerahkan kulit wajah menjelang Lebaran.

1. Tingkatkan rutinitas perawatan kulit wajah

Anda perlu memperhatikan kembali perawatan wajah menjelang Lebaran agar hasilnya terlihat maksimal.

Perawatan kulit wajah dapat dimulai dengan membersihkan wajah dengan benar. Permukaan wajah perlu dibersihkan secara menyeluruh dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Mengutip berbagai sumber, kulit berminyak atau berjerawat bisa menggunakan gel salisilat berwarna bening atau pembersih berbahan dasar benzoil peroksida.

Bagi kulit kering, pilih pembersih seperti susu yang bebas pewangi dan memiliki bahan pelembap seperti lidah buaya dan asam hialuronat.

Sementara bagi yang memiliki jenis kulit kombinasi direkomendasikan menggunakan pembersih krim yang menghilangkan kotoran tetapi tidak mengelupas kulit.

Selain membersihkan wajah, Anda juga perlu menggunakan skincare agar terhindar dari masalah kulit seperti kerutan, flek hitam, kusam, maupun jerawat.

Gunakan vitamin C di pagi dan malam hari serta retinol di malam hari untuk mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Jika memiliki masalah kulit kering, Anda bisa menggunakan lidah buaya, shea butter, asam hialuronat, ceramide, dan gliserin.

Anda juga perlu menggunakan pelembab dua kali sehari untuk meningkatkan hidrasi pada kulit. Pilih pelembab dengan antioksidan yang bebas pewangi.

3. Tetap terhidrasi

Female drinking from a glass of water. Health care concept photo, lifestyle, close upIlustrasi. Anda perlu tetap terhidrasi agar terlihat glowing saat Lebaran. (iStockphoto/fizkes)

Untuk memiliki kulit glowing, pastikan agar kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Ada beberapa cara untuk menghidrasi kulit, selain dengan menggunakan pelembap.

Minumlah setidaknya delapan gelas air, Anda juga bisa berbuka dengan air lemon dan teh herbal, serta makan 5-6 porsi buah dan sayuran.

4. Fokus pada nutrisi

Selama puasa, Anda mungkin telah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan minyak. Hal ini dapat membuat kulit wajah kurang cerah saat Lebaran.

Seminggu sebelum Lebaran, kurangi konsumsi gula olahan dan karbohidrat sehingga membantu kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Makanan tinggi protein dan serat akan lebih baik bagi kesehatan kulit.

(fby/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER