5 Alternatif Pengganti Daging Sapi untuk Membuat Rendang

CNN Indonesia
Sabtu, 30 Apr 2022 06:09 WIB
Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan alternatif pengganti daging untuk membuat rendang. Berikut beberapa bahan lain yang bisa Anda coba. Ilustrasi. Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan alternatif pengganti daging untuk membuat rendang. (Istockphoto/ Norazaminayob)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rendang kerap tersaji di meja makan saat Lebaran. Makanan khas Minangkabau ini biasanya dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah.

Namun, harga daging sapi naik di sejumlah daerah di Indonesia menjelang Lebaran. Harga daging sapi di sejumlah pasar bahkan sempat menyentuh Rp150 ribu per kilogram (kg).

Jika ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan alternatif pengganti daging untuk membuat rendang.

1. Tempe

Tempe bisa menjadi pengganti daging. Tak hanya teksturnya yang menyerupai daging, tempe juga mengandung protein yang tinggi.

Anda bisa membuatnya dengan merebus santan, lengkuas, kunyit, garam, dan bumbu halus sampai mendidih. Lalu masukkan tempe sambil diaduk hingga santan berminyak.

2. Jamur

Jamur bukan bahan makanan yang asing disantap. Anda bisa menggunakan jamur tiram sebagai bahan membuat rendang.

Jamur tiram memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur tiram memiliki antioksidan seperti selenium, yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, sehingga membantu memperkuat sistem kekebalan.

3. Tongkol

Fresh fish counter - raw tuna in a row, top view. Tuna on market in Sri Lanka.Ilustrasi. Ikan tongkol bisa jadi alternatif pengganti daging sapi untuk rendang. (Istockphoto/Lina Moiseienko)

Tongkol merupakan salah satu ikan yang paling banyak dijumpai di perairan Indonesia. Ikan tongkol merupakan sumber yang kaya akan protein dan asam lemak yang baik untuk tubuh.

Tongkol bisa dimasak dengan berbagai cara, termasuk membuatnya menjadi rendang. Anda tidak perlu khawatir akan bau amis ikan karena dapat hilang dengan aroma bumbu rempah.

Anda dapat membuat rendang tongkol dengan menumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, serta daun kunyit. Kemudian tuang santan serta kaldu bubuk. Masukkan tongkol lalu aduk hingga santan mengeluarkan minyak.

4. Ayam

Harga ayam juga naik menjelang Lebaran, tetapi masih lebih murah dibandingkan dari daging sapi. Maka dari itu, ayam juga bisa menjadi bahan tepat untuk membuat rendang.

Melansir WebMD, protein tanpa lemak dalam ayam adalah sumber asam amino. Tubuh kita menggunakan asam amino untuk membangun jaringan otot, sesuatu yang sangat penting seiring bertambahnya usia.

Konsumsi daging ayam juga dapat membantu membangun otot yang lebih kuat dan meningkatkan kesehatan tulang.

5. Telur

Rendang yang berbahan dasar telur tidak kalah nikmat dari rendang daging sapi. Selain harganya yang lebih murah, telur juga kaya akan protein.

Anda dapat membuatnya dengan merebus telur hingga matang lalu goreng hingga kulitnya kering. Lalu masak bumbu rendang serta santan dan campur dengan telur.

(fby/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER