5 Air Terjun Terbesar di Dunia

tim | CNN Indonesia
Minggu, 15 Mei 2022 16:00 WIB
Air terjun terbesar tak cuma diukur dari tinggi atau curamnya, tapi juga dari bentang luas, debit air, dan derasnya arus. Berikut air terjun terbesar di dunia. Air terjun terbesar tak cuma diukur dari tinggi atau curamnya, tapi juga dari bentang luas, debit air, dan derasnya arus. Berikut air terjun terbesar di dunia. (Istockphoto/Mantaphoto/Victoria Falls)
Jakarta, CNN Indonesia --

Air terjun yang terbentuk karena peristiwa alam seringkali membuat siapa pun terkesan melihatnya. Keindahan dan kemegahannya menjadi daya tarik tersendiri sebagai destinasi pariwisata. Berikut air terjun terbesar di dunia.

Terletak di atas dataran tinggi membuat air terjun mengalir sangat deras. Selain itu panorama indah air tersebut biasanya dapat dinikmati dari berbagai sudut.

Hampir di setiap penjuru negara umumnya memiliki air terjun. Bahkan ada juga yang masuk ke dalam kategori air terjun terbesar di dunia.


Air terjun terbesar ini tak sekadar diukur dari ketinggian ataupun kecuramannya, tapi juga dari bentang luas, debit air, serta derasnya arus.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar air terjun terbesar yang ada di dunia. Beberapa di antaranya bisa Anda kunjungi.

1. Air Terjun Angel Falls, Venezuela

Aerial view taken on December 16, 2014 of the Angel Falls (Salto Angel), the world's highest waterfall, with a height of 979 meters (3,212 feet), located in Canaima National Park, Bolivar State, Gran Sabana Region, South-Eastern Venezuela. AFP PHOTO/FEDERICO PARRA (Photo by FEDERICO PARRA / AFP)Salah satu air terjun terbesar di dunia, Angel Falls yang ada di Venezuela (AFP/FEDERICO PARRA)

Mengutip Encyclopedia Britannica, Angel Falls atau nama lainnya Kerepakupai Meru merupakan air terjun terbesar dengan tinggi 979 meter.

Terletak di Taman Nasional Canaima, Bolivar, Venezuela, air terjun ini memang cukup terpencil sehingga aksesnya sulit dikunjungi.

Menurut sejarah, Angel Falls ditemukan oleh seorang petualang Amerika Serikat bernama James Angel yang melakukan pendaratan pesawatnya di kawasan itu pada 1930-an.

Selain ditetapkan oleh Guinness World Records sebagai air terjun tertinggi di dunia, Angel Falls juga tercatat menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO.


2. Air Terjun Victoria, Zimbabwe

Victoria FallsSalah satu air terjun terbesar di dunia, Victoria Falls di Zimbabwe (Istockphoto/ThomasSaupe)

Air terjun Victoria yang spektakuler ini terletak di tengah-tengah aliran Sungai Zambezi, perbatasan antara Zambia utara dan Zimbabwe selatan.

Disebut sebagai air terjun terbesar karena lebarnya lebih dari 1.700 meter atau diperkirakan dua kali lebih lebar serta lebih dalam dari Niagara Falls di Kanada.

Rata-rata besaran aliran Victoria Falls sekitar 935 meter kubik per detik. Meski begitu, air terjun ini dikenal memiliki kolam iblis yang mematikan karena terdapat jurang cukup curam.

Pengunjung hanya diizinkan berenang pada saat akhir musim panas atau awal musim gugur karena ketinggian air sedang rendah.


3. Air Terjun Niagara, Kanada

Niagara Falls Aerial View, Canadian Horseshoe Falls from the top, Ontario, CanadaSalah satu air terjun terbesar di dunia, Niagara Falls yang ada di Kanada (iStockphoto/CPQNN)

Niagara Falls juga termasuk salah satu air terjun terbesar di dunia. Lokasinya berada di perbatasan antara Ontario, Kanada, dan negara bagian New York, Amerika Serikat.

Selama beberapa dekade, air terjun Niagara sudah sangat populer di berbagai kalangan wisatawan. Baik itu dari dalam negeri atau mancanegara sebagai tujuan pariwisata.

Air terjun Niagara juga mempunyai beberapa atraksi bagi wisatawan. Salah satunya menyediakan sewa perahu untuk menjelajahi panorama fantastis di sekitar kawasan tersebut.

Selain menjadi pusat pariwisata bernilai komersial, air terjun ini berfungsi sebagai sumber utama dari pembangkit listrik tenaga air.


4. Air Terjun Iguazu, Argentina

Iguazu national ParkSalah satu air terjun terbesar di dunia, Iguazu Falls di Argentina (Tomfriedel/Wikipedia)

Melansir Touropia, Iguazu Falls berada di perbatasan Argentina-Brasil dengan sistem air terjun terbesar di dunia mengalahkan Victoria Falls.

Air terjun ini berbentuk menyerupai tapal kuda yang membentang panjang sejauh 1,7 mil atau 2,7 km.

Asal mula nama air terjun Iguazu berasal dari kata Guaraní yang mempunyai arti yaitu "air yang luar biasa".

Pengunjung dapat menikmati keindahan sekitar air terjun menggunakan perjalanan perahu sambil menyusuri sepanjang aliran sungai Iguazu.


5. Air Terjun Dettifoss, Islandia

Dettifoss is a waterfall in Vatnajökull National Park in Northeast Iceland, and is reputed to be the most powerful waterfall in Europe. The water comes from the nearby Vatnajökull glacier, whose sediment-rich runoff colors the water a greyish white. The superlative of Salah satu air terjun terbesar di dunia, Dettifoss Falls di Islandia (iStockphoto/icEzZ)

Dettifoss Falls mendapat peringkat sebagai salah satu air terjun terbesar dan paling kuat di kawasan Eropa, dengan debit volume air rata-rata 193 meter kubik per detik.

Terletak di Taman Nasional Vatnajökull, Islandia bagian Timur Laut, ketinggian air terjun ini sekitar 144 kaki atau 44 m.

Air terjun terbesar di dunia Dettifoss memiliki potensi sebagai pembangkit listrik tenaga air terbesar di Islandia.

Lokasinya yang berada di area taman nasional membuat Dettifoss Falls cukup mudah untuk dikunjungi wisatawan.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER