Hadiri Met Gala, Hillary Clinton Pakai Gaun Merah Bersulam Nama Tokoh

CNN Indonesia
Selasa, 03 Mei 2022 09:59 WIB
Eks Menlu AS Hillary Clinton kembali ke Met Gala pada Senin (2/5) malam usai terakhir kali datang di ajang mode bergengsi tersebut pada 2001. Mantan Capres AS Hillary Clinton hadir di Met Gala 2022 usai terakhir kali datang pada 2001. (AFP/ANGELA WEISS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan calon presiden AS Hillary Clinton kembali tampil di Met Gala pada Senin (2/5) malam waktu Amerika Serikat. Ia terakhir kali datang di ajang mode bergengsi tersebut pada 2001 lalu.

Tahun ini, Hillary mengenakan gaun berwarna merah bordeaux yang disulam dengan nama-nama perempuan penting dalam sejarah Amerika Serikat yang ia kagumi.

"Ketika memikirkan tentang gaun, saya berbicara dengan Joshep Altuzarra, seorang desainer muda hebat seperti yang Anda tahu. Dia menyarankan beberapa sulaman kata-kata yang bermakna," kata Clinton dikutip dari Newsweek.


"Saya berkata, 'Bagaimana kalau [nama-nama] perempuan Amerika di masa lalu yang menginspirasi saya?'," lanjutnya.

Clinton kemudian menyebut sejumlah nama perempuan Amerika yang tercantum di gaun merah tersebut. Mereka adalah Abigail Adams (istri Presiden kedua AS John Adams), Sacajawea (perempuan Indian anggota ekspedisi jalur Amerika Utara-Pasifik 1800-an).

Selain itu, ada nama Harriet Tubman (aktivis antiperbudakan di masa perang saudara AS), dan Eleanor Roosevelt (aktivis, istri Presiden AS Franklin D. Roosevelt), Shirley Chisolm (perempuan kulit hitam pertama yang jadi anggota Kongres AS), hingga Madeleine Albright (mantan Menlu AS) yang wafat akhir Maret lalu.

Ia juga mengaku tidak mencantumkan tokoh perempuan penting Amerika yang masih hidup ke gaunnya.

"Saya tidak akan mengisi seluruh gaun jadi saya memutuskan untuk tetap dengan [nama] perempuan yang tidak lagi bersama kami karena sangat tidak mungkin membuat satu gaun berisi semua orang yang saya kagumi," tutur Clinton.

"Saya pikir akan [jadi peristiwa] bersejarah untuk mengenakan gaun seperti itu dan benar-benar sesuai dengan [kondisi] malam ini," ucap Clinton.

Clinton mengatakan sulaman nama di gaunnya itu mengingatkan Altuzarra pada "selimut persahabatan yang digunakan wanita untuk menyulam ucapan atau frasa atau nama keluarga atau teman".

Sementara itu, kandidat Capres pada Pemilu AS 2016 lalu tersebut memutuskan untuk menghindar dari pembicaraan politik selama wawancara singkat di red carpet.

Newsweek juga melaporkan belum ada kepastian terkait kehadiran Bill Clinton, Presiden AS ke-42 sekaligus suami Hillary, ikut hadir di Met Gala tahun ini.

Met Gala sendiri digelar pada Senin (2/5) malam di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat. Bintang Hollywood hingga pesohor AS terpantau menghadiri ajang tersebut, seperti Elon Musk, Kim Kardashian, Billie Eilish, hingga Ryan Reynolds.

(frl/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER