6 Cara Agar Hewan Peliharaan Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

tim | CNN Indonesia
Senin, 16 Mei 2022 17:30 WIB
Jabodetabek diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi manusia, tetapi juga hewan peliharaan. Ilustrasi. Ada beberapa cara membuat hewan peliharaan tetap sejuk saat cuaca panas. (iStockphoto/Capuski)

3. Selalu sediakan air

Hewan peliharaan dapat mengalami dehidrasi dengan cukup cepat saat musim panas. Maka dari itu, pastikan ada banyak air bersih dan segar bagi hewan peliharaan. Anda juga perlu membawa air saat membawa hewan ke luar rumah.

4. Hindari hewan dari sinar matahari langsung

Jauhkan hewan peliharaan dari sinar matahari secara langsung terutama yang hidup di kandang atau terarium seperti reptil, hewan pengerat, dan burung. Anda bisa memasukkan hewan peliharaan ke dalam ruangan. Anda juga bisa membuat rumah bagi anjing di bawah naungan pohon, payung besar, atau terpal.

"Selalu pastikan hewan peliharaan berada dalam ruangan dengan suhu normal, agar tidak terkena cuaca panas. Disarankan mengajak anjing untuk berjalan di luar pada sore hari. Bisa juga mengenakan Cooling Vest untuk anjing," kata Maura.

5. Jangan cukur bulu hewan

Kucing dan anjing membutuhkan bulunya agar tetap merasa sejuk di cuaca panas. Bulu bertindak sebagai isolator yang menjaga hewan tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mencukur bulu hewan peliharaan di musim panas karena dapat merusak sistem pendingin alami yang dimiliki hewan. Mencukur bulu justru dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kepanasan, dan bahaya serius lainnya seperti terbakar sinar matahari atau kanker kulit pada hewan.

6. Perlindungan tambahan

"Terdapat beberapa rekomendasi produk yang dapat digunakan saat berjalan-jalan di cuaca panas bersama anjing atau kucing, seperti menggunakan protection balm untuk paws mereka karena akan berjalan di jalan aspal yang panas," katanya.

"Menggunakan cooling apparels (cooling vest) agar suhu tubuh anjing tidak terlalu panas saat berjalan di luar, menyiapkan traveling water bottle agar air fresh selalu tersedia ketika anjing ingin minum."

(fby/chs)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER