Perhatikan Warna Urine dan Feses yang Bisa Jadi Gejala Hepatitis Akut

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 07:00 WIB
Hepatitis akut ditandai oleh sejumlah gejala. Beberapa di antaranya dapat dilihat dari warna air urine dan feses. Ilustrasi. Gejala hepatitis akut juga bisa dilihat dari warna air urine dan feses. (iStockphoto/Ake Ngiamsanguan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hepatitis akut ditandai oleh sejumlah gejala. Beberapa di antaranya dapat dilihat dari warna air urine dan feses.

Hepatitis akut merupakan infeksi pada organ hati yang penyebabnya belum diketahui hingga saat ini.

Tak seperti hepatitis pada umumnya, virus pemicu penyakit ini belum dikenali. Sejauh ini, para ahli menduga Adenovirus menjadi biang kerok dari penyakit misterius tersebut.


Hingga saat ini, Indonesia telah mendeteksi 15 kasus yang diduga sebagai hepatitis misterius. Sebanyak 6 pasien di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa penyakit ini banyak menyerang usia anak hingga remaja 1-17 tahun.

Beberapa gejala ditimbulkan oleh penyakit ini. Nadia mengatakan, mual, muntah, dan diare menjadi gejala paling umum yang ditemukan di Indonesia.

Mual, muntah, dan diare umumnya menjadi gejala awal dari hepatitis misterius ini. Beberapa kasus juga diiringi dengan penurunan nafsu makan dan demam ringan.

Gejala Hepatitis Akut pada Air Urine dan Feses

Women wearing white sleepwear, Sitting on the toilet Hand holding the tissue, health care conceptIlustrasi. Gejala hepatitis akut salah satunya bisa dilihat dari warna urine dan feses. (iStockphoto/patchanan promunat)

Selang beberapa lama, hepatitis akan memperlihatkan gejalanya melalui kotoran tubuh.

Air urine pasien hepatitis umumnya akan berubah warna menjadi lebih gelap atau kuning pekat. Mengutip WebMD, air urine yang menjadi pekat dan gelap ini menjadi salah satu tanda paling umum dari hepatitis.

Infeksi pada liver menyebabkan penumpukan zat berwarna oranye-kuning yang disebut bilirubin dalam darah dan urine. Hal itu dapat mengubah warna urine menjadi lebih gelap.

Selain hepatitis, warna air urine yang menggelap juga disebabkan oleh kondisi lain seperti adanya darah dalam air urine, sirosis, penyakit ginjal, hingga anemia.

Selain pada air urine, hepatitis juga akan memperlihatkan tandanya pada feses. Pada pasien hepatitis, feses akan berubah warna menjadi lebih terang dan pucat.

Hepatitis diketahui dapat memengaruhi sistem bilier yang bisa menyebabkan warna feses menjadi lebih cerah. Mengutip Verywell Health, sistem bilier adalah sistem drainase kandung empedu, hati, dan pankreas.

Selain hepatitis, warna feses yang lebih terang juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi lain seperti batu empedu, sirosis, hingga efek samping obat.

Di luar gejala hepatitis akut seperti warna air urine dan feses, Anda juga perlu waspada jika anak atau orang di sekitar Anda mulai mengalami tanda penyakit kuning. Anda disarankan untuk segera lakukan konsultasi dengan dokter.

(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER