Panjang Penis Pengaruhi Hubungan Seks, Bagaimana dengan Vagina?

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 22:00 WIB
Panjang penis kerap dikaitkan dengan kemampuan ranjang seorang pria. Bagaimana dengan wanita? Panjang penis kerap dikaitkan dengan kemampuan ranjang seorang pria. Bagaimana dengan wanita?( iStockphoto/Vasyl Dolmatov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panjang penis kerap dikaitkan dengan kemampuan ranjang seorang pria.

Akan tetapi bagaimana dengan wanita, apakah ukuran vagina juga memengaruhi tingkat kenikmatan di ranjang, apalagi muncul pemikiran wanita yang sudah melahirkan ukurannya menjadi lebih lebar.

Wanita mungkin khawatir ukuran vagina bisa memengaruhi kenikmatan di ranjang. Meski demikian, penelitian tentang hal ini sebenarnya belum banyak dilakukan sebab ada banyak hal yang bisa mempengaruhi seksualitas wanita.


Direktur ginekologi remaja dan perawatan wanita di Mercy Medical Center di Baltimore Christine O'Connor dilansir dari WebMd mengatakan vagina adalah organ yang sangat "elastis". Dinding vagina mirip dengan dinding perut karena memiliki rugae. Vagina dapat mengembang saat dibutuhkan dan kemudian kembali ke ukuran awal.

"Itu tidak tetap satu ukuran tertentu. Vagina berubah untuk mengakomodasi apa pun yang terjadi pada saat itu," kata O'Connor.

Menurutnya, mengkhawatirkan ukuran vagina dan perubahan yang bisa terjadi dari waktu ke waktu adalah sesuatu yang salah. Lagi pula ada hal-hal lain seperti pelumasan, gairah, dan memiliki hubungan yang baik dengan pasangan lebih berdampak pada kenikmatan seksual bagi wanita.

Bukan hanya itu, sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam International Urogynecology Journal juga menyebut ukuran vagina tidak memengaruhi kenikmatan seksual yang didapat wanita.

Penelitian itu menggunakan catatan medis, pemeriksaan, dan kuesioner dari 500 pasien ginekologi berusia 40 dan lebih tua untuk melihat apakah ada korelasi antara panjang vagina dan ukuran pembukaan serta kepuasan seksual.

Para peneliti menemukan bahwa hasrat, gairah, orgasme, rasa sakit, dan kepuasan seksual tidak terkait dengan ukuran vagina.

"Ini bukan kecocokan fisik yang Anda cari dalam hal fungsi seksual," kata O'Connor.

"Ini lebih tentang komunikasi antara kedua pasangan dan memastikan keduanya mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari pengalaman dan merasa nyaman," jelasnya.

Bukan hanya itu, melansir Healthline vagina juga tidak bisa meregang secara permanen. Vagina bersifat elastis, sehingga dapat mengembang dan menutup seperti karet gelang.

Jika Anda merasa vagina menjadi longgar dari waktu ke waktu, itu mungkin terjadi karena elastisitasnya yang melemah hingga mungkin tidak dapat ditarik kembali sepenuhnya. Ini dapat terjadi pada wanita yang telah melahirkan banyak. Penuaan juga dapat melemahkan otot-otot vagina, terlepas dari persalinan.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER