Sama-sama Adenovirus, Apa Beda Hepatitis Akut dan Vaksin Covid-19?

tim | CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 11:00 WIB
Berikut beda adenovirus penyebab hepatitis akut misterius dan adenovirus pada vaksin Covid-19. Foto: iStockphoto/Michail_Petrov-96
Jakarta, CNN Indonesia --

Hepatitis akut misterius tengah menjadi perhatian masyarakat. Sama seperti kasus awal Covid-19 pada 2 tahun lalu, informasi terkait hepatitis akut masih terbilang minim.

Aneka dugaan pun beredar termasuk kaitan vaksin Covid-19 dengan hepatitis akut.

Ternyata dugaan ini muncul sebab beberapa vaksin Covid-19 berasal dari adenovirus. Namun Ketua Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Anggraini Alam menjelaskan adenovirus penyebab hepatitis akut dan adenovirus pada vaksin Covid-19 itu berbeda.


Berikut beda adenovirus penyebab hepatitis akut misterius dan adenovirus pada vaksin Covid-19.

Adenovirus penyebab hepatitis akut misterius

Sejauh ini, para ahli menduga adenovirus adalah pemicu penyakit hepatitis akut misterius. Adenovirus yang dimaksud adalah adenovirus tipe 41. Jenis ini berbeda dengan jenis adenovirus pada vaksin Covid-19. 

Dari Morbidity and Mortality Weekly report yang dirilis CDC pada April lalu, adenovirus tipe 41 ditemukan pada pasien anak yang dirawat akibat hepatitis berat di Alabama, AS.

Sebanyak 9 pasien diperiksa dengan hasil negatif virus hepatitis A, B, C, dan beberapa penyebab hepatitis anak termasuk hepatitis autoimun, infeksi saluran kemih dan SARS-CoV-2. Kemudian dari lima sampel dari lima pasien ditemukan adenovirus tipe 41.

Adenovirus tipe 41 menyebar lewat rute fekal-oral (tinja ke mulut) dan terutama mempengaruhi usus. Umumnya jenis virus ini menimbulkan gastroenteritis akut pediatri seperti diare, muntah, demam dan kadang disertai gejala pernapasan.

Laporan menyimpulkan adenovirus diakui sebagai penyebab hepatitis pada anak-anak dengan gangguan kekebalan. Virus pun kemungkinan jadi kontributor cedera hati misterius pada anak-anak sehat.

Adenovirus pada vaksin Covid-19

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER