Cara Masak Ngawur Tingkatkan Risiko Infeksi Hepatitis Akut

tim | CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 09:50 WIB
Memasak makanan dengan benar bakal membantu mengurangi risiko terinfeksi penyakit hepatitis akut. Memasak makanan dengan benar bakal membantu mengurangi risiko terinfeksi penyakit hepatitis akut. (iStockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendorong masyarakat untuk memastikan kebersihan makanan dan minuman untuk membantu mengurangi risiko penularan hepatitis akut misterius.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim menyarankan agar masyarakat menghindari membeli makanan dan minuman dari luar, jika memungkinkan.

"Dihindari barangkali makan-makan di luar, jajan-jajan di luar. Terutama tempat yang kita meragukan kebersihannya. Memang kalau untuk anak itu kita menyiapkan sendiri, terutama pada bayi, makanan sebaiknya disiapkan oleh ibunya," kata Muzal dalam konferensi pers daring, beberapa waktu lalu.


Oleh karenanya, sebaiknya Anda menyiapkan dan memasak sendiri makanan di rumah. Tak dimungkiri memasak sendiri makanan yang bakal disantap bakal membantu mengurangi risiko terpapar hepatitis. 

Sebenarnya menjaga kebersihan makanan dan juga memasak makanan dengan cara yang benar juga akan membantu mengurangi risiko infeksi penyakit mulut dan kuku (PMK). 

IDAI Jawa Timur lewat buku sakunya memberikan beberapa cara memasak makanan yang benar sehingga menurunkan risiko penularan penyakit termasuk hepatitis akut misterius.

Tahapan Cara Masak Buat Hindari Infeksi Hepatitis Akut

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER