Israel Konfirmasi Kasus Cacar Monyet, Pasien Datang dari Luar Negeri

tim | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 10:30 WIB
Kasus pertama cacar monyet muncul di Israel. Pasien baru saja kembali dari luar negeri. Kasus pertama cacar monyet muncul di Israel. Pasien baru saja kembali dari luar negeri. (via REUTERS/CDC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus pertama cacar monyet muncul di Israel. Dokter Sharon Alroy-Preis, kepala pelayanan publik, mengesampingkan cacar monyet beberapa jam setelah kementeriannya mengatakan sedang menyelidiki kasus yang dicurigai pada seorang pria yang baru-baru ini mengunjungi Eropa Barat.

Kasus kedua yang diduga dari cacar monyet telah terdeteksi pada seorang Israel yang baru saja kembali dari Afrika Barat, Kementerian Kesehatan melaporkan pada Minggu pagi.

Kasus pertama cacar monyet Israel ini dilaporkan pada Jumat malam, di tengah wabah cacar monyet yang sebagian besar berpusat di Eropa hampir 100 kasus, dan dikonfirmasi sehari kemudian setelah tes diagnostik. Dalam kedua kasus tersebut, pasien dilaporkan dalam kondisi ringan dan baik-baik saja.


Seorang pejabat tinggi Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Minggu bahwa kasus dugaan cacar monyet kedua telah ditentukan bukan penyakit langka.

Pengumuman itu datang sehari setelah kasus pertama cacar monyet Israel secara resmi dikonfirmasi.

Mengutip Times of Israel, pria itu dirawat di rumah sakit dan diisolasi di Barzilai Medical Center di kota pesisir Ashkelon. Mengutip Chanel 12 pria berusia 27 tahun itu dilaporkan dalam kondisi baik. Pria itu adalah seorang pelaut yang tiba dengan kapal kargo yang berlabuh di pelabuhan di Ashdod.

"Ada tindak lanjut terhadap mereka yang datang dari luar negeri," kata juru bicara Kementerian Kesehatan PA Kamal al-Shakhra dalam sebuah pernyataan.

Cacar monyet adalah infeksi virus yang telah muncul di Eropa dan Amerika Utara, serta Israel. Gejala penyakit langka termasuk demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, kelelahan dan ruam seperti cacar air di tangan dan wajah.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Nachman Ash menekankan pada hari Minggu "ini bukan virus corona lain."

"Penyakit semacam ini muncul sesekali," katanya kepada Radio103.

"Kami sedang mempertimbangkan dan berniat untuk memvaksinasi sebagian besar populasi yang berisiko," katanya, tetapi mencatat tidak perlu menginokulasi seluruh populasi.

Mengutip Jerusalem Post, Kementerian Kesehatan dengan cepat meyakinkan publik bahwa Israel tidak sedang menghadapi pandemi gaya COVID-19 kedua, dengan Menteri Kesehatan Nitzan Horowitz melalui Twitter, menjelaskan bahwa "ini adalah penyakit, bukan pandemi."

"Kami tahu bahwa vaksinasi cacar yang lama melindungi dari cacar monyet, itulah sebabnya kami tidak melihatnya selama bertahun-tahun, karena tidak menginfeksi orang yang telah divaksinasi terhadap cacar," jelasnya."Tetapi kami berhenti memvaksinasi [melawan cacar] pada 1980-an, yang berarti orang di bawah usia 40 tahun tidak akan menerima vaksin.

"Dan karena kelompok usia ini membentuk lebih banyak populasi, mungkin itulah mengapa kita melihatnya tiba di Eropa sekarang, karena orang-orang yang pernah ke Afrika telah terinfeksi dan kemudian dapat menginfeksi orang lain."

Namun, solusinya tidak sesederhana memperkenalkan kembali vaksin cacar, katanya, dan saat ini tidak ada rencana untuk segala jenis upaya vaksinasi skala besar.Meskipun efektif bila diberikan dalam jumlah besar, jika tidak cukup banyak orang yang menerima vaksin cacar, virus sebenarnya dapat mulai menyebar sebagai akibat dari virus hidup dalam vaksin, membuat vaksinasi menjadi solusi yang kurang diinginkan.

Selain itu, dapat memiliki efek samping yang cukup parah, dan tingkat keparahannya tidak dijamin oleh jenis cacar monyet yang relatif ringan.

Ada beberapa perawatan obat yang telah terbukti efektif melawan cacar monyet, menjadikannya alternatif yang layak untuk pemberian vaksin cacar.

"Namun, efek sampingnya cenderung membatasi [pemberian mereka]," Miskin menjelaskan, "terutama ketika kita berbicara tentang penyakit yang tidak mengancam jiwa di dunia Barat sejauh yang kami tahu."

Kasus pertama cacar monyet di Israel sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan setempat. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER