Bacaan Niat Salat Dhuha dan Keistimewaannya: Pahala Setara Ibadah Haji

tim | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 12:30 WIB
Salat dhuha menjadi salah satu salat sunah yang dianjurkan dalam Islam. Ada bacaan niat salah dhuha yang bisa diucapkan. Foto: iStockphoto/ozgurdonmaz

Keistimewaan Sholat Dhuha

Meski sholat dhuha tergolong amalan tambahan sebagai pelengkap ibadah wajib, namun ibadah ini memiliki banyak keistimewaan. Umat Islam yang mengerjakan salat duha akan memperoleh beragam ganjaran dan pahala dari Allah SWT.

Mengutip buku Bolehkah Shalat Dhuha Berjamaah? dari Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc., M.Ag., keutamaan-keutamaan yang disediakan oleh Allah SWT bagi hamba yang menunaikan salat sunah dhuha yang diucapkan setelah membaca niat salat dhuha.

1. Allah mencukupkan rezekinya

Seorang muslim yang rajin melaksanakan salat sunah duha akan diberikan kecukupan rezeki dari pagi hingga di akhir siang.

Rezeki yang diturunkan bukan sekadar yang berupa materi melainkan senantiasa ditenangkan hatinya dari ketamakan, selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan berapa pun jumlah yang didapat.

2. Dijauhkan dari dosa

Orang yang senantiasa menjaga amalan sholat dhuha maka Allah jauhkan dari gangguan dan godaan setan. Sehingga segala perbuatannya jauh dari maksiat dan hal-hal buruk dari pagi sampai siang.

3. Sholat Dhuha Menggantikan Sedekah 360 Persendian

Bersedekah adalah kewajiban yang harus ditunaikan semua umat Islam.

Sesuai firman Allah SWT yang diturunkan kepada para rasul-Nya, setiap muslim wajib bersedekah dengan 360 sendi yang ada di badannya. Sehingga, setiap persendian manusia diwajibkan untuk menunaikan sholat dan sedekah.

Hal ini menjadi ladang pahala bagi orang yang mengerjakan sholat dhuhakarena pahalanya setara dengan mengeluarkan sedekah dari 360 persendian di badan.

Dengan kata lain, sholat dhuha dapat menggantikan sedekah seluruh persendian yang ada di tubuh manusia.

4. Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji dan Umroh

Selain keutamaan yang sudah disebutkan di atas, seorang muslim yang menunaikan sholat sunahdhuha akan mendapat pahala orang-orang yang menunaikan haji dan umrah.

Pahala ini diberikan kepada umat muslim yang rajin menunaikan sholat dhuha.

Namun pahala ini diberikan kepada mereka yang terlebih dulu mengikuti salat subuh berjamaah di masjid, lalu tidak beranjak dan menyibukkan diri dengan zikir di dalam masjid sampai masuk waktu dhuha.

5. Membuka Pintu Ampunan Allah SWT

Sholat dhuha adalah ibadah yang ditunaikan oleh orang-orang yang ingin bertobat dan kembali taat kepada Allah SWT, sekaligus dapat menjadi pintu untuk mendapatkan ampunan Allah SWT dari semua dosa atau kesalahan yang telah diperbuat semasa hidup di dunia.

6. Menyembuhkan Penyakit Berat

Sholat dhuha yang dilaksanakan ketika matahari mulai beranjak naik merupakan waktu yang baik untuk memanaskan tubuh sebelum beraktivitas.

Hal ini membuat sholat dhuha yang diucapkan setelah bacaan niat salat dhuha dapat mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan termasuk menyembuhkan segala macam penyakit berat, mulai dari stroke, asam urat, hingga sakit asam lambung.

Itulah beberapa manfaat yang akan diraih oleh umat muslim yang istiqomah melaksanakansholat dhuha duha yang kelak mereka akan mendapatkan kebaikan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.

Hanya saja, jangan lupakan bacaan niat salat dhuha sebelum menjalankan salat.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER