7 Sungai Terbesar dan Terpanjang di Dunia

tim | CNN Indonesia
Kamis, 26 Mei 2022 10:00 WIB
Dikategorikan sebagai sungai terbesar di dunia karena tak hanya terbentang hingga ribuan kilometer, namun juga debit air yang besar serta derasnya arus. Dikategorikan sebagai sungai terbesar di dunia karena tak hanya terbentang hingga ribuan kilometer, namun juga debit air yang besar serta derasnya arus. (iStockphoto/WitR/Nil River)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sungai atau bengawan merupakan aliran air yang memanjang dan mengalir dari sumbernya sampai ke muara secara terus-menerus.

Keberadaan sungai tentunya banyak dimanfaatkan untuk menopang kehidupan manusia. Mulai dari pasokan air, kebutuhan tenaga listrik, sampai sumber pangan.


Dikategorikan sebagai yang terbesar karena sungai-sungai ini tak hanya terbentang hingga ribuan kilometer, namun juga debit airnya yang besar serta derasnya arus.

Berikut daftar sungai terbesar di dunia beserta panjangnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sungai Nil, Afrika Timur

This picture taken on January 3, 2021 shows the steam ship Sungai Nil yang berada di Afrika ini merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di dunia (Photo by Khaled DESOUKI / AFP)

Sungai terbesar di dunia yang pertama adalah sungai Nil dengan panjang mencapai 6.693 kilometer dengan saluran pembuangan sangat luas yaitu lebih dari 3 juta kilometer.

Disebut paling terbesar karena panjangnya melewati 11 negara dan menjadi sumber air utama untuk negara Mesir serta Sudan.

Selain itu, sungai Nil menjadi bagian dari jejak sejarah sejak zaman peradaban Mesir kuno. Saat itu kehidupan orang-orang Mesir bergantung pada sungai Nil.


2. Sungai Amazon, Amerika Serikat

Memiliki panjang 6.436 kilometer, sungai Amazon yang masuk kategori terbesar ini membentang dari kawasan hutan Amazon hingga area kaki pegunungan Andes.

Saking besarnya, sungai ini mengelilingi sepanjang wilayah Kolombia, Ekuador, Venezuela, Brazil, sampai kawasan pantai Atlantik.

Dikarenakan debit air sungai sangat besar, aliran air dari Amazon dapat mengalir cukup luas hingga ke lautan.


3. Sungai Yangtze, Cina

In this April 8, 2020, photo, a man looks across the Yangtze River as the sun sets in Wuhan in central China's Hubei province. The reopening of ferry service on the Yangtze River, the heart of life in Wuhan for more than 20 centuries, was an important symbolic step in official efforts to get business and daily life in this central Chinese city of 11 million people back to normal after a 76-day quarantine ended in the city at the center of the coronavirus pandemic. (AP Photo/Ng Han Guan)Sungai Yangtze merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di dunia (AP Photo/Ng Han Guan)

Sungai terbesar di dunia selanjutnya ada Yangtze di Cina dan sudah ada sejak zaman peradaban Cina kuno dengan panjang 6.378 kilometer.

Aliran sungai Yangtze berasal dari pegunungan Tibet di Provinsi Qinghai, yang mampu mampu menghidupi kebutuhan masyarakat Cina.

Peranan sungai ini juga terbilang sangat penting karena mempunyai bendungan terbesar untuk keperluan pelayaran, pembangkit listrik, hingga agrikultur di kawasan Asia Timur.


4. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai Mississippi di Amerika Serikat merupakan yang terbesar kedua setelah Amazon, sekaligus terpanjang mencapai 3.734 kilometer.

Aliran sungai Mississippi dapat mengairi beberapa sungai lain seperti sungai Illinois, St.Croix, Wisconsin, Minnesota, Ohio, Missouri, sampai Arkansas.

Derasnya aliran air sungai ini menjadi perhatian bagi masyarakat sekitar untuk selalu berhati-hati. Di samping itu, sungainya menjadi habitat hewan liar salah satunya aligator.


5. Sungai Yenisei Angara, Rusia

Sungai Yenisei Angara di Rusia juga terbesar karena dapat mengalir hingga ke Samudra Arktik, dengan panjang 3.438 kilometer.

Disebut masuk ke jajaran sungai terbesar di dunia karena debit air Yenisei mengalir luas hingga mencapai pusat Siberia.

Menurut sejarahnya, Yenisei adalah sungai terbesar di Rusia dengan karakter air cukup keruh karena terdiri atas campuran salju, air hujan, serta air tanah.


6. Sungai Yellow, Cina

Berikutnya ada sungai Yellow di Cina yang berwarna kuning keruh sebagai ciri khasnya. Disebut demikian lantaran sungai ini mengandung banyak sedimen berwarna kuning.

Memiliki panjang 5.464 kilometer, drainase sungai Yellow merupakan terbesar di Cina yang luasnya 750.000 km persegi.

Yellow river juga dikenal dengan sebutan sungai Huang He oleh penduduk sekitar. Jika musim dingin tiba, bagian tengah air sungai berpotensi membeku.


7. Sungai Irtysh, Rusia

White mountain river in Altai. Summer View of Altai, Russia. Altai Republic is one of Russia's ethnic republics. AltaySungai Irtysh merupakan salah satu sungai terbesar di dunia (iStockphoto/Tatiana Sall)

Sungai terbesar di dunia berikut ini berasal dari Rusia bagian selatan yaitu Irtysh dengan panjang 4.248 kilometer.

Disebut terbesar karena sungainya bermuara di tiga negara meliputi Cina, Kazakhstan, dan Rusia, dengan sumber mata air terbersih.

Sungai Irtysh juga termasuk anak sungai Ob yang masih terbesar di Rusia, bahkan memiliki akses ke Samudra Arktik sebagai sumber dari banyaknya spesies ikan berharga.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER