Di Jepang, Anjing Bisa Ikut Traveling Naik Kereta Peluru Shinkansen

CNN Indonesia
Senin, 30 Mei 2022 13:30 WIB
Sebanyak 21 ekor anjing dan pemiliknya pergi traveling bersama dengan menaiki kereta Shinkansen dari Tokyo menuju Karuizawa. Sebanyak 21 ekor anjing dan pemiliknya pergi traveling bersama dengan menaiki kereta Shinkansen dari Tokyo menuju Karuizawa. (AFP/BEHROUZ MEHRI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pergi traveling dengan hewan peliharaan bukanlah perkara sulit. Di Jepang, seekor anjing atau kucing peliharaan bisa ikut pemiliknya pergi traveling dengan kereta.

Japan Railways baru saja melakukan uji coba kereta khusus ramah hewan. Hewan peliharaan bisa ikut pemiliknya menaiki kereta Shinkansen atau kereta peluru yang ikonik di Jepang.

Mengutip Mashable Asia, pada Sabtu (21/5) lalu, sebanyak 21 ekor anjing dan pemiliknya memulai perjalanan satu jam dari Stasiun Ueno di Tokyo ke Kota Karuizawa, sebuah kawasan pegunungan di barat laut Tokyo.


Mereka adalah anjing pertama yang diizinkan bebas berkeliaran di kereta Shinkansen. Semua kursi penumpang sengaja ditutupi oleh plastik agar tak dikotori oleh anjing.

Uji coba kereta ramah hewan peliharaan ini diluncurkan Japan Railways karena banyaknya pelanggan yang meminta cara lebih nyaman untuk bepergian bersama hewan peliharaannya.

Yoko Okubo, salah seorang penumpang Shinkansen kala itu, bercerita bahwa biasanya ia membawa hewan peliharaannya, Corgi, traveling dengan menggunakan carrier. Namun, hal itu membuatnya repot karena harus mengeceknya setiap waktu.

"Hari ini, kami tidak perlu melakukan itu dan bisa melihat wajahnya. Kami bisa bepergian lebih nyaman dengan cara ini," ujar Okubo.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Yukari Seino. Bepergian dengan anjing peliharaannya di kereta Shinkansen tidak membuatnya repot.



"Kami tidak merasa stres hari ini. Biasanya bepergian dengan kereta Shinkansen tidak begitu menyenangkan. Tapi, hari ini sangat menyenangkan," ujar Seino.

Hal ini dinilai sebagai langkah cerdas yang dilakukan Japan Railways. Apalagi jika mengingat bisnis di industri hewan peliharaan di Jepang diperkirakan mencapai US$13,2 miliar pada tahun 2022.

Berbagai produk terkait hewan peliharaan banyak bikin warga Jepang kepincut. Maka dari itu, mengeluarkan kocek untuk membawa hewan peliharaannya menaiki kereta Shinkansen dengan kecepatan tertinggi 320 km/jam dirasa mungkin dilakukan para pemilik hewan.

(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER