7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banyuwangi untuk Dibawa Pulang

tim | CNN Indonesia
Minggu, 29 Mei 2022 16:00 WIB
Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan. Rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi ( (CNN Indonesia/Utami Widowati)

4. Savana cake Banyuwangi

Selain jajanan tradisional, Banyuwangi juga menyediakan oleh-oleh kekinian seperti Savana Cake Banyuwangi. Cake ini berbeda dari cake pada umumnya karena berbahan dasar dari pisang.

Mulanya nama kue ini terinspirasi dari keindahan salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi yaitu Padang Savana yang letaknya berada di Taman Nasional Baluran atau Alas Purwo.

Variasi rasa Savana Cake ini juga cukup unik karena diambil dari nama berbagai tempat wisata terkenal Banyuwangi lainnya. Beberapa di antaranya yaitu savana blue fire, savana red island, savana green bay, savana wedi ireng, dan savana sunrise of Java.


5. Dodol salak

ilustrasi dodolDodol salak adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi (iStockphoto/Imagehit)

Jika dodol pada umumnya terbuat dari durian dan tepung ketan, di Banyuwangi Anda akan menemukan dodol yang berbeda. Dodol khas Banyuwangi terbuat dari bahan dasar buah salak.

Dodol salak khas Banyuwangi banyak menjadi incaran wisatawan karena rasanya yang unik. Tekstur dodol yang kenyal dan lembut serta aroma dan rasa salak yang begitu terasa membuat dodol salak ini menjadi istimewa.

Selain bahan dasarnya yang unik karena terbuat dari salak, dodol ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu pembungkus dodol yang menggunakan daun lontar kering sehingga menambah aroma khas pada dodol salak ini.


6. Kerajinan Gintangan

Gintangan merupakan salah satu nama desa yang ada di Banyuwangi. Desa ini terkenal dengan hasil kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu.

Produk yang dihasilkan dari anyaman bambu ini cukup beragam mulai dari kotak tisu, keranjang, tempat minum, tempat perhiasan dan masih banyak lagi. Harga dari kerajinan ini relatif murah tergantung dari jenis dan ukurannya.

7. Batik Gajah Oling

Seorang pembatik meniup canting untuk membatik dengan motif selimpetan di  Temanggungan, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (9/10).  ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya/ama/15.Batik Gajah Oling adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi (ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya)


Batik Gajah Oling merupakan salah satu batik khas Banyuwangi. Banyuwangi memiliki banyak sekali jenis motif batik namun yang paling terkenal dan paling banyak dicari yaitu batik dengan motif Gajah Oling.

Motif Gajah Oling adalah salah satu motif batik tertua yang ada di Banyuwangi. Motif ini bagi masyarakat setempat memiliki makna yang luhur. Selain itu, bahan dari batik ini cukup adem dan harganya tidak jauh berbeda dari batik pada umumnya.

Demikian rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat berkunjung ke sana.

(mrs/fef)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER