HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Berhenti Merokok untuk Selamatkan Bumi

CNN Indonesia
Senin, 30 Mei 2022 11:30 WIB
Pada tahun ini, Hari Tanpa Tembakau Sedunia mengajak masyarakat untuk menyetop kebiasaan merokok demi menyelamatkan kelestarian Bumi. Ilustrasi. Pada tahun ini, Hari Tanpa Tembakau Sedunia mengajak masyarakat untuk menyetop kebiasaan merokok demi menyelamatkan kelestarian Bumi. (iStock/fuzznails)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati pada 31 Mei saban tahunnya. Hari ini diperingati sebagai momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak buruk dari kebiasaan merokok.

Pada tahun ini, peringatan mengambil tema "Tobacco: Threat to Our Environment". Tema kali ini menyoroti dampak industri tembakau terhadap lingkungan.

"Dampak berbahaya dari industri tembakau terhadap lingkungan sangat luas dan semakin menambah tekanan yang tidak perlu pada sumber daya planet kita yang sudah langka serta ekosistem yang rapuh," tulis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada laman resminya, dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 yang jatuh pada Selasa (31/5).

Tembakau disebut telah membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahunnya. Tembakau juga disebut merusak lingkungan yang pada akhirnya bisa berbahaya pada kesehatan manusia sebagai penghuni Bumi.

Melalui peringatan ini, WHO mengajak masyarakat untuk menyetop kebiasaan merokok demi menyelamatkan planet Bumi.

"Setiap rokok yang dihisap atau produk tembakau yang digunakan membuang sumber daya berhaya yang menjadi sandaran keberadaan kita," tulis WHO.

"Berhenti merokok untuk kesehatan Anda dan kesehatan planet kita. Asap tembakau berkontribusi pada tingkat polusi udara yang lebih tinggi," tambah WHO.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diinisiasi oleh WHO pada 1987 silam. Hari ini sengaja diperingati untuk menarik perhatian global tentang epidemi tembakau dan kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Tercatat, kebiasaan merokok atau menggunakan produk tembakau telah menelan 8 juta nyawa setiap tahunnya. Sebanyak 1,2 juta diantaranya terjadi pada kelompok non-perokok yang terpapar asap rokok.

(tim/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER