Marshanda Sakit Tumor Payudara, Ada 3 Gejala Umum Sering Dialami

tim | CNN Indonesia
Senin, 30 Mei 2022 17:01 WIB
Selebriti Marshanda mengidap tumor payudara, ada beberapa gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda. Selebriti Marshanda mengidap tumor payudara, ada beberapa gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda.(CNN Indonesia/Andito Gilang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam IG Livenya, selebriti Marshanda mengidap tumor payudara dan saat ini tengah berada di Singapura untuk memeriksakan kondisinya. Ada beberapa gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda.

Melalui akun YouTube pribadinya, Marshanda mengaku kerap merasa sakit di bagian payudara yang diserang tumor.

Apa sebenarnya tumor payudara yang diidap oleh Marshanda?

Tumor merupakan jaringan abnormal yang tumbuh di organ tubuh tertentu, salah satunya di payudara. Saat tumbuh di payudara, terdapat dua jenis tumor yakni non-kanker atau 'jinak' dan yang bersifat kanker atau 'ganas'.

1. Tumor Jinak

Dilansir dari National Breast Cancer, tumor ini umumnya tidak agresif terhadap jaringan di sekitarnya, kadang-kadang mereka memang terus tumbuh hingga menekan jaringan lain dan menyebabkan rasa sakit atau masalah lain.

Ketika hal ini terjadi dokter akan menyarankan pengangkatan untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita pasien.

2. Tumor ganas

Tumor ganas bersifat kanker dan mungkin agresif karena menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Ketika tumor dicurigai ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor.

Hingga saat ini belum diketahui jenis tumor payudara Marshanda. Hanya saja, tumor payudara jinak atau non-kanker sebenarnya penyakit yang cukup umum dan kebanyakan wanita memilikinya.

Sebagaimana dilansir dari Cancer, tidak seperti kanker payudara kondisi payudara jinak tidak mengancam jiwa. Walau begitu tidak sedikit yang juga mengaitkan kondisi ini dengan risiko lebih tinggi seorang wanita terkena kanker payudara di kemudian hari.

Berikut tanda atau gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda: 

- Muncul benjolan di payudara
- Terasa nyeri di bagian yang benjol
- Keluar cairan dari puting susu

Untuk mengetahui apakah tumor payudara yang dialami tergolong berbahaya atau tidak sehingga berpotensi menimbulkan kanker, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dini ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat. Waspadalah pada berbagai tanda atau gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER