5 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kanker Payudara

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 09:15 WIB
Studi menunjukkan makanan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara. Berikut makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara. Studi menunjukkan makanan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara. Berikut makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara.(Foto: iStockphoto/Panupong Piewkleng)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah studi telah menganalisis hubungan makanan dengan perkembangan kanker payudara. Sejumlah makanan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara yang lebih cepat.

Penelitian ini pun merekomendasikan agar penderita kanker payudara tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Berikut makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara:


1. Gula

Studi yang dipublikasikan di American Association for Cancer Research menunjukkan makan makanan yang tinggi gula dapat mengembangkan kanker payudara. Pada eksperimen yang dilakukan di tikus, terlihat perkembangan tumor kelenjar susu. Tumor ini juga lebih mungkin menyebar dan bermetastasis.

2. Makanan cepat saji

Dikutip dari Medical News Today, lemak dari makanan cepat saji meningkatkan risiko kanker payudara. Studi menunjukkan lemak trans yang banyak terdapat di makanan olahan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara.

3. Daging merah

Sejumlah studi menunjukkan konsumsi daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Risiko semakin meningkat saat daging dimasak denagn suhu tinggi karena memicu pelepasan racun.

4. Alkohol

Minuman dan makanan yang mengandung alkohol juga mesti dihindari penderita kanker payudara. Alkohol dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi penderita kanker payudara. Alkohol juga dapat meningkatkan kekambuhan pada penyintas kanker payudara.

5. Makanan mentah

Hindari pula konsumsi makanan mentah. Orang dengan kanker payudara berisiko tinggi mengalami infeksi. Oleh karena itu, hindari sumber-sumber infeksi seperti makanan mentah seperti sushi, telur, dan daging yang tidak matang.

Selain makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara, terdapat pula makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Studi menunjukkan makanan tinggi antioksidan seperti buah dan sayuran baik untuk penderita kanker.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER