7 Makanan yang Ternyata Bisa Bikin Kulit Rusak

tim | CNN Indonesia
Senin, 13 Jun 2022 09:00 WIB
Selain bersih-bersih makeup dan juga rutin pakai skincare, makanan yang Anda santap sehari-hari juga berpengaruh pada kulit. Selain bersih-bersih makeup dan juga rutin pakai skincare, makanan yang Anda santap sehari-hari juga berpengaruh pada kulit.(prudkov/thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Punya kulit bersih, cerah, terlihat kenyal dan sehat adalah impian semua orang. Namun selain bersih-bersih makeup dan juga rutin pakai skincare, makanan yang Anda santap sehari-hari juga berpengaruh pada kulit.

Dokter kulit kosmetik Michele Green mengatakan faktor-faktor seperti diet, produk susu, gula, cokelat, makanan cepat saji, hingga alkohol sangat berpengaruh terhadap kualitas kulit seseorang.

"Diet dan jerawat telah menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat. Orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat," kata Green dilansir dari Eat This.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari agar memiliki kulit glowing dan sehat.

1. Coklat

Coklat bisa memancing tumbuhnya jerawat di muka. Hal ini terjadi lantaran diet tinggi lemak dan gula halus, seperti yang ditemukan dalam permen dan coklat dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu respons peradangan dalam tubuh yang keduanya diketahui meningkatkan risiko berjerawat.

2. Daging merah

Daging cenderung tinggi lemak jenuh. Lemak ini selain bisa menyebabkan kolesterol tinggi, juga dapat mengacaukan kulit. Sebab lemak jenuh dianggap meningkatkan produksi IGF-1 dan karenanya meningkatkan peradangan yang memicu masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

3. Permen

Mengonsumsinya sesekali memang tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan gula darah. Sebagaimana dilansir dari Livestrong, ketika gula darah meningkat, tubuh akan melepaskan tingkat hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang lebih tinggi, yang kemudian mengaktifkan kelenjar minyak. Jika kelenjar minyak mengalami overdrive, Anda lebih rentan terkena jerawat.

4. Nasi putih

Nasi putih adalah biji-bijian olahan dan memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan gula darah naik drastis. Dan lagi, lonjakan gula darah ini memicu serangkaian peristiwa yang pada akhirnya mengaktifkan kelenjar minyak penghasil jerawat Anda.

5. Gorengan

Hampir semua makanan yang digoreng memang terasa nikmat. Tapi kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam makanan ini terkait dengan masalah kesehatan termasuk kolesterol tinggi, obesitas, penyakit arteri koroner dan sindrom metabolik yang berhubungan dengan psoriasis.

6. Cemilan asin

Keripik dan cemilan asin lainnya dapat dengan cepat mendongkrak asupan garam harian Anda. Melansir Food Network, konsumsi garam semacam ini menyebabkan retensi air yang dapat dirasakan di seluruh tubuh, termasuk kulit Anda.

7. Mayones

Makanan tinggi minyak kaya omega-6 yang ditemukan di mayo dan beberapa saus salad dapat merangsang proses inflamasi, membuat kulit menjadi kurang baik.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER