Bukan Cuma Buat Masak, Serai juga Bisa Bikin Wajah Bebas Jerawat

CNN Indonesia
Minggu, 19 Jun 2022 11:15 WIB
Tak cuma digunakan untuk memberikan aroma pada masakan, ada banyak manfaat serai lainnya, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Tak cuma digunakan untuk memberikan aroma pada masakan, ada banyak manfaat serai lainnya, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. ( iStockphoto/migin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serai biasa digunakan sebagai pelengkap masakan yang memberikan aroma khas. Tak cuma untuk memasak, ada beberapa manfaat serai yang bisa Anda dapatkan.

Tidak sedikit yang memanfaatkan serai sebagai aroma terapi dan obat-obatan. Melansir dari WebMD, serai memiliki khasiat dapat membantu mencegah pertumbuhan beberapa bakteri.

Tak cuma itu, serat juga mengandung zat yang diduga dapat meredakan nyeri dan bengkak, menurunkan demam, meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, hingga melancarkan aliran menstruasi.


Tak hanya itu, serat juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu tubuh menangkal paparan radikal bebas.

Manfaat Serai

Berikut beberapa khasiat serai, baik untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menghilangkan minyak berlebih di wajah

Serai bisa membantu mengurangi kulit berminyak dengan mengatasi sifat berminyak dan mengontrol kilau. Selain itu, dikutip dari NDTV, minyak serai juga membantu mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Menggunakan facial uap yang diresapi dengan minyak esensial serai membantu memperjelas kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan mengurangi minyak.

2. Mengatasi ketombe

closeup woman hair with dandruff falling on shouldersIlustrasi. Mengatasi ketombe, salah satu manfaat serai. (Istockphoto/Doucefleur)

Manfaat serai berikutnya adalah mengatasi ketombe.

Dengan cadangan elemen antijamur yang melimpah, serai bekerja sebagai obat alami untuk mengatasi kulit kepala gatal dan terkelupas.

3. Mencegah jerawat

Minyak serai bisa digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Serai juga memiliki sifat pemurnian yang membuatnya sempurna untuk menghilangkan kotoran, detoksifikasi kulit, dan membuatnya terasa bersih dan jernih.

4. Menurunkan tekanan darah

Dikutip dari All Things Health, teh serai dapat membantu menjaga tekanan darah dengan menginduksi ketenangan dan menekan peradangan. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh serai bisa mendapatkan manfaat relaksasi.

5. Mengurangi stres dan kecemasan

Manfaat serai lainnya adalah mengurangi stres dan kecemasan.

Serai dapat membantu menenangkan saraf. Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa subjek yang mengalami kecemasan dalam situasi tertentu melaporkan penurunan emosi saat terpapar aroma minyak esensial serai.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER