Sleep Call itu Romantis, Tapi Ternyata ada 6 Bahaya di Baliknya

tim | CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 21:00 WIB
Sleep call selama ini jadi salah satu jalan ninja para pasangan LDR agar tak merasa kesepian. Apa bahaya di baliknya? Sleep call selama ini jadi salah satu jalan ninja para pasangan LDR agar tak merasa kesepian. Apa bahaya di baliknya?( Istockphoto/demaerre)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sleep call selama ini jadi salah satu jalan ninja para pasangan LDR agar tak merasa kesepian. Apa sih sleep call yang sekarang sedang tren di media sosial lantaran banyak yang menawarkan jasa sleep call ini?

Sleep call berasal dari kata sleep dan call yang berarti tidur dan panggilan. Saat digabungkan, kata ini merujuk pada aktivitas menelepon seseorang hingga tertidur. Tak jarang panggilan ini masih berlanjut saat bangun di pagi hari.

Dalam kamus urban atau Urban Dictionary, kata sleep call pertama kali muncul pada Februari 2018.

"Menelepon seseorang dan tetap di telepon sepanjang malam saat Anda tidur, lalu bangun keesokan paginya dan melanjutkan seperti panggilan video biasa," salah satu arti sleep call di kamus tersebut.

Banyak orang berpendapat bahwa sleep call bakal membantu seseorang untuk bisa tertidur lebih nyenyak dan merasa tak sendiri. Di masa pandemi covid-19 saat banyak tempat masih menerapkan lockdown, sleep call juga membantu pasangan untuk bisa mengatasi berbagai masalah keterbatasan pertemuan mereka secara fisik. Pun juga dengan pasangan LDR yang terpisah jarak dan waktu, tren menelpon sampai tertidur menjadi sebuah solusi.

Sekilas tren sleep call ini mungkin terlihat tak berbahaya, namun nyatanya ada bahaya tersembunyi di balik kebiasaan ini:

Bahaya sleep call: 

1. Mengurangi jam tidur

Tujuannya mungkin ingin membantu Anda agar bisa tertidur dengan lelap. Namun terkadang pembicaraan bisa membuat Anda terhanyut dalam obrolan dan berujung pada jam tidur yang kian larut.

2. Cahaya ponsel berefek buruk

Mengutip Cleveland Clinic, layar ponsel dan tidur memiliki hubungan yang rumit. Cahaya biru dari ponsel Anda adalah warna buatan yang meniru siang hari. Ini bisa sangat bagus di siang hari, karena bisa membuat Anda merasa lebih waspada, tapi ini kebalikan dari apa yang Anda butuhkan di malam hari ketika Anda sedang bersantai dan siap menghadapi masalah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel cerdas Anda buruk untuk penglihatan Anda. Tapi itu bisa buruk untuk tidur Anda juga.

Paparan cahaya biru dapat memengaruhi jam tubuh internal Anda dan membuang ritme sirkadian Anda. Ritme ini selaras dengan terang dan gelap. Itulah mengapa Anda merasa lebih lelah di malam hari saat matahari mulai terbenam dan mengapa Anda merasa lebih berenergi di pagi hari saat matahari terbit.

Penelitian telah menemukan korelasi antara tingkat melatonin yang ditekan dan paparan cahaya biru. Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol siklus tidur-bangun Anda. Ketika tubuh Anda kehabisan itu, Anda bisa mengalami insomnia, kelelahan di siang hari dan lekas marah.

3. Terbawa suasana

Pergi ke tempat tidur dan tertidur harus menjadi pengalaman yang damai, bahagia dan santai. Terlibat dengan ponsel Anda terlalu dekat dengan waktu tidur dapat berdampak negatif pada perasaan itu.

Bahkan melihat sesuatu atau bahkan sleep call tepat sebelum tidur yang membuat Anda bahagia dapat memicu respons yang memperpanjang waktu tidur, yang akibatnya menunda tidur REM.

4. Radiasi

Ponsel memancarkan radiasi karena sinyal transmisi sekitar 900MHz.Karena itu, meletakkan ponsel di dekat kepala dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, dan masalah kesehatan rumit lainnya.

Meskipun orang cenderung menyimpan ponsel mereka di dekat mereka saat mereka tidur untuk alasan yang berbeda, bagaimanapun, lebih baik aman daripada menyesal.

5. Berpotensi tingkatkan kanker

Menurut WHO, radiasi oleh elektromagnetik dari ponsel berpotensi punya sifat karsinogenik atau meningkatkan risiko kanker pada manusia. Namun belum ada data pasti tentang hal ini.

6. Kurang konsentrasi di pagi hari

Kamu akan merasa lebih lelah dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik karena mengantuk dan kurang tidur semalaman. Hingga akhirnya bukan tidak mungkin kamu akan mengalami stres karena kurang istirahat gara-gara sleep call. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER