Sperma Termahal di Dunia, Harganya Bisa Mencapai Rp70 M

tim | CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 22:00 WIB
Tahukah Anda apa cairan paling mahal di dunia? Jawabannya bukan emas cair, tapi sperma kuda. ilustrasi sperma ( Istock/iLexx)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahukah Anda apa cairan paling mahal di dunia? Jawabannya bukan emas cair, tapi sperma kuda.

Sperma kuda ternyata pernah dinobatkan sebagai cairan paling mahal di dunia. Pada 2020 lalu Business Insider pernah menobatkan sperma kuda sebagai The Most Expensive Liquid yang dibanderol dengan harga US$4,7 atau Rp70 miliar untuk satu galonnya.

Walau begitu tidak semua sperma kuda dibanderol puluhan miliar. Jenis sperma paling mahal hanya berasal dari kuda thoroughbred yang kerap mendapatkan penghargaan dalam balapan pacu internasional.

Melansir Horse Racing Sense, thoroughbred atau kuda ras murni memang terkenal sebagai jenis kuda terbaik. Kuda ini lincah luar biasa, memiliki kecepatan fantastis, dan unggul di pacuan kuda.

Kuda ini juga kerap dikembangbiakan untuk tujuan atletik. Thoroughbred terkenal cerdas dan memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Bahkan kuda ini juga disebut memiliki naluri alamiah untuk selalu menang.

Tidak heran jika spermanya pun pernah dinobatkan sebagai cairan termahal yang bisa mencapai harga hingga puluhan miliar.

Kok bisa sperma kuda menjadi cairan termahal di dunia?

Hal ini tentunya dipengaruhi juga oleh tingkat kesulitan mendapatkan sperma kuda. Kuda hanya mampu mengeluarkan sekitar 80 ml air mani untuk satu kali ejakulasi.

Air mani ini kemudian dikumpulkan dalam tabung bening. Setiap tabung bisa menyimpan 150 hingga 200 juta sel sperma yang bisa dihargai puluhan juta.

Namun bayangkan dari satu tabung berisi sperma kuda tersebut, berapa banyak bayi-bayi kuda unggulan yang bisa dihasilkan.

Dalam dunia peternakan kuda, genetik adalah segalanya. Investor kaya bersedia membayar harga tinggi untuk air mani pemenang yang terbukti, berharap anak kuda yang dihasilkan memberikan pengembalian investasi yang besar.

Meski sebenarnya anak-anak kuda dengan genetika pemenang yang kuat belum tentu menjamin bakal jadi pemenang seterusnya.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER