Bikin Penyakit, Ada 5 Makanan yang Harus Dihindari di Usia 40 Tahun

tim | CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 12:00 WIB
Makanan memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi di usia 40 Anda tetap harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Makanan memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi di usia 40 Anda tetap harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi.(iStock/FreshSplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di usia 40 Anda tetap harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun. 

Ada beberapa makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun. Ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Berikut sejumlah makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun:


Makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun:

1. Margarin

Margarine (About this soundlisten) is a spread used for flavoring, baking and cooking. It is most often used as an inexpensive butter substitute. It was named oleomargarine from Latin for oleum (olive oil) and Greek margarite (pearl indicating luster) but was later named margarine.Foto: iStockphoto/wisnu83
margarin

Dilansir dari The Healthy, mengganti mentega dengan margarin bukanlah cara yang sehat. Ada cara yang lebih baik yakni dengan menggunakan alpukat segar ketika memanggang dan memasak. Ini dapat membantu mengurangi asupan kalori, lemak jenuh, natrium, dan kolesterol.

2. Berbagai jenis pasta

Vegetarian Vegetable pasta Fusilli with zucchini, mushrooms and capers in white bowl on wooden table. Top viewFoto: iStockphoto/Elena_Danileiko
ilustrasi pasta

Karbohidrat olahan yang tinggi yang terdapat di berbagai jenis pasta bisa meningkatkan gula darah dan dapat menjadi faktor penyebab penyakit jantung, penambahan berat badan, dan diabetes.

3. Kentang goreng

Ilustrasi hidangan kentang gorengFoto: StockSnap/Krzysztof Puszczynski
Ilustrasi hidangan kentang goreng

Seiring bertambahnya usia, metabolisme akan melambat sehingga tidak dapat menangani kalori ekstra yang berasal dari makanan berminyak, misalnya kentang goreng. Ini juga menjadi makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun.

4. Hamburger

Ilustrasi burgerFoto: Pixabay/nahandro
Ilustrasi burger

Memasak dengan api besar dapat menyebabkan kanker, tetapi prosesnya juga menyebabkan efek yang tidak diinginkan lainnya. Ketika hamburger dipanaskan di atas panggangan akan menciptakan rasa dan mengubah warna makanan.

Pada tahap akhir reaksi, produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang berbahaya juga terbentuk. University of California Berkeley mengatakan AGEs terakumulasi dalam sel seiring bertambahnya usia, dan dikaitkan tidak hanya dengan penuaan dini tetapi juga diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, Parkinson, katarak, dan kanker.

5. Makanan cepat saji

Doughnuts from DunkinFoto: AFP/ROBERT SULLIVAN
Ilustrasi fast food

Dilansir dari Eat This, sebuah penelitian selama 15 tahun yang terdiri dari 3.000 orang dewasa, ditemukan bahwa mereka yang makan makanan cepat saji lebih dari dua kali seminggu mengembangkan resistensi insulin dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi makanan cepat saji.

Resistensi insulin meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan prediabetes.

6. Daging panggang

Ilustrasi BBQ BersamaFoto: Pexels/Pixabay
Ilustrasi daging panggang

Memanggang adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk menyiapkan hidangan, tetapi jika khawatir dengan kondisi kesehatan hindarilah jenis makanan ini. Steak yang hangus dan protein lain pada suhu tinggi di atas api terbuka dapat menghasilkan amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

Bahan kimia ini telah ditemukan untuk mengubah DNA dan meningkatkan risiko kanker. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER