Buat Wajah Justin Bieber Lumpuh,Apa Beda Bell's Palsy dan Ramsay Hunt?

tim | CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 11:00 WIB
Ramsay hunt syndrome jadi pembicaraan lantaran membuat separuh wajah Justin Bieber lumpuh. Namun apa beda bell's palsy dengan ramsay hunt? Ramsay hunt syndrome jadi pembicaraan lantaran membuat separuh wajah Justin Bieber lumpuh. Namun apa beda bell's palsy dengan ramsay hunt? (Getty Images via AFP/DIMITRIOS KAMBOURIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ramsay hunt syndrome jadi pembicaraan lantaran membuat separuh wajah Justin Bieber lumpuh. Namun apa beda bell's palsy dengan ramsay hunt?

Kedua masalah kesehatan ini sama-sama menyebabkan kelumpuhan wajah dan sama-sama disebabkan oleh virus, namun apa sebenarnya beda bell's palsy dengan ramsay hunt?

Berikut beda bell's palsy dan ramsay hunt:

Bell's Palsy

Saat seseorang terkena penyakit bell's palsy otot dan saraf di wajah mereka akan lemah atau lumpuh. Kondisi ini terjadi karena terganggunya saraf wajah, biasanya hanya satu sisi yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot-otot wajah dan beberapa fungsi anatomis wajah lainnya.


Keadaan ini membuat wajah terkulai atau menjadi kaku. Seseorang yang mengalami bell's palsy biasanya sulit tersenyum atau menutup mata. Kondisi ini cukup sering terjadi dengan perkiraan sekitar 19,5 persen dari keseluruhan penyakit neuropati atau penyakit saraf tepi.

Meskipun belum diketahui secara pasti, tapi para ahli menduga bell's palsy bisa terjadi karena infeksi virus herpes zoster yang menyebabkan peradangan dari saraf wajah.

Beda bell's palsy dengan ramsay hunt adalah bell's palsy bisa menyerang siapa saja dan biasanya terjadi pada mereka yang berada di rentang usia 16-60 tahun. Namun risiko paling tinggi terjadi pada mereka yang memiliki riwayat diabetes.

Ramsay hunt

Meskipun sama-sama menyerang wajah, ramsay hunt berbeda dengan bell's palsy. Sindrom ini terjadi karena kondisi neurologis yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZZ), virus yang juga menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster pada orang dewasa.

Virus ini bisa jadi telah ada di tubuh penderitanya sejak lama dan kemudian muncul ketika beranjak dewasa hingga memunculkan sindrom ramsay hunt. Sebab virus ini diyakini bisa bertahan di tubuh penderita seumur hidup, bahkan setelah Anda sembuh dari cacar air, dan bangkit kembali untuk mengiritasi dan mengakibatkan infeksi saraf di wajah Anda.

Sindrom ramsay hunt merupakan komplikasi infeksi laten VVZ yang jarang terjadi. Sindrom ramsay hunt diperkirakan terjadi sekitar 16 persen dari seluruh kasus paresis fasial unilateral pada anak dan 18 persen pada dewasa.

Baik pria maupun wanita bisa terserang sindrom ini. Bukan cuma kelumpuhan wajah, ramsay hunt juga disebut bisa mengganggu pendengaran.

Meskipun sama-sama menyerang wajah dan menyebabkan kelumpuhan pada wajah, bell's palsy dan ramsay hunt jelas berbeda. Keduanya merupakan jenis penyakit yang ditularkan oleh dua jenis virus yang berbeda.

Itulah beda bell's palsy dengan ramsay hunt.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER