Missouri dan Indiana, AS Laporkan Dugaan Kasus Cacar Monyet Pertama

tim | CNN Indonesia
Senin, 20 Jun 2022 11:15 WIB
Missouri dan Indiana, dua negara bagian Amerika Serikat untuk kali pertama melaporkan dugaan kasus cacar monyet pada Sabtu (18/6). Missouri dan Indiana, dua negara bagian Amerika Serikat untuk kali pertama melaporkan dugaan kasus cacar monyet pada Sabtu (18/6).(REUTERS/DADO RUVIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Missouri dan Indiana, dua negara bagian Amerika Serikat untuk kali pertama melaporkan dugaan kasus cacar monyet pada Sabtu (18/6).

Departemen Kesehatan dan Pelayanan Lansia Missouri menyatakan dugaan kasus cacar monyet muncul setelah seorang penduduk Kansas City bepergian ke luar negara bagian.

Sementara Departemen Kesehatan Indiana juga menyebut sedang menyelidiki kemungkinan kasus cacar monyet tetapi pasien diisolasi tanpa menyebutkan lokasinya.


Saat ini sedang berlangsung pelacakan kontak (tracing) di kedua negara bagian. Pengujian awal dilakukan di laboratorium departemen kesehatan negara bagian dan pengujian konfirmasi sedang menunggu di laboratorium CDC.

"Risiko cacar monyet di kalangan masyarakat umum makin sangat rendah. Cacar monyet jarang terjadi dan tidak mudah menyebar melalui kontak biasa yang singkat," kata Kris Box, Komisaris Kesehatan Indiana, seperti dikutip dari CNN.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Houston, Texas mengkonfirmasi kasus cacar monyet pertama. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Departemen Kesehatan Houston menyebut warga mengalami gejala setelah kembali dari perjalanan.

"Warga tidak memerlukan rawat inap dan isolasi mandiri di rumah," tulis mereka.

Di 2022, AS melaporkan kasus cacar monyet pertama pada Mei saat seorang penduduk Massachusetts dinyatakan positif setelah kembali dari Kanada.

Hingga Jumat, CDC melaporkan lebih dari 110 kasus yang terkonfirmasi cacar monyet di beberapa negara bagian AS termasuk California (24 kasus), New York (21 kasus) dan Illinois (15 kasus).

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER