Mengenal Physical Touch yang Tak Melulu soal Hasrat Seksual

CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 19:45 WIB
Dengan mengenal physical touch, Anda bisa menunjukkan kasih sayang dengan sentuhan-sentuhan manis pada orang terkasih. Ilustrasi. Dengan mengenal physical touch, Anda bisa menunjukkan kasih sayang dengan sentuhan-sentuhan manis pada orang terkasih. (iStock/Irina Gutyryak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bahasa cinta mengenal istilah sentuhan fisik atau physical touch. Anda perlu mengenal physical touch, karena sentuhan fisik yang dimaksud tak melulu soal seks.

Apa itu bahasa cinta physical touch?

Physical touch adalah sentuhan yang diberikan untuk orang terkasih. Sentuhan ini menandakan kasih sayang seseorang yang bisa berupa sebuah pelukan, belaian rambut, dan masih banyak lagi.

"Orang yang dengan bahasa cinta ini memerlukan kontak atau sentuhan fisik untuk merasa dicintai," jelas Carolina Pataky, terapis seks dan pendiri Love Discovery Institute, seperti dikutip dari Women's Health Magazine.

Pada dasarnya, sebenarnya sentuhan sendiri melibatkan faktor hormonal. Tubuh akan melepaskan sejumlah hormon dan neurotransmitter.

"Saat kita mengalami sentuhan fisik, kita melepaskan hormon dan neurotransmitter tertentu seperti oksitosin, serotonin dan dopamin," ujar Pataky. Kesemuanya merupakan hormon yang menimbulkan perasaan nyaman dan positif.

Mengenal physical touch juga membuat Anda harus tahu bahwa sentuhan yang dimaksud tak melulu bersifat seksual atau erotis.

Mengutip Very Well Mind, ada beberapa jenis physical touch, baik yang intim maupun non-intim.

Physical Touch Intim

ilustrasi ciumanIlustrasi. Ciuman jadi salah satu jenis physical touch yang intim. (iStockphoto/gradyreese)

Sentuhan fisik jenis ini biasanya melibatkan sentuhan yang lebih intim. Berikut contoh physical touch yang intim.

1. Mencium

Ciuman adalah satu yang termudah dan paling efektif untuk menunjukkan cinta pada pasangan.

Anda bisa mencium pasangan di bibir, leher, pipi, kening, atau punggung tangan. Ciuman berlaku pada hubungan romantis dan non-romantis.

2. Bergandengan tangan

Ada kedekatan dan kehangatan dari gestur bergandengan tangan. Menggandeng tangan pasangan di ruang publik atau ruang privat adalah gestur sederhana yang mampu melepas endorfin untuk menaikkan mood.

Ini juga tidak hanya berlaku pada pasangan kekasih, tapi juga pada orang tua yang menggandeng anaknya. Gandengan ini memberikan keterhubungan fisik.

Simak selengkapnya soal physical touch di halaman berikutnya..

Contoh Physical Touch Lainnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER