Rayakan HUT Jakarta 2022, Nikmati Wisata Gratis di 11 Museum

CNN Indonesia
Selasa, 21 Jun 2022 19:00 WIB
Ada banyak cara untuk merayakan HUT DKI Jakarta ke-495. Salah satunya adalah menikmati sejumlah wisata HUT Jakarta 2022 yang bisa didapat secara cuma-cuma. Museum Keramik, salah satu wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (Natanael Wahluya)

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini juga menjadi wisata HUT Jakarta. Museum Seni Rupa dan Keramik berada di kompleks Taman Fatahillah, bertetangga dengan Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang. Museum ini merupakan gabungan dari Balai Seni Rupa dan Museum Keramik.

Jauh sebelum difungsikan sebagai museum, gedung diresmikan sebagai 'Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia' atau kantor pengadilan Belanda pada awal 1870.

Penyuka seni dan sejarah bakal dimanjakan dengan koleksi ratusan lukisan dan sketsa, serta lima ribu keramik Nusantara dan benda muatan kapal tenggelam.

7. Museum Wayang

Pengunjung beraktivitas saat mengunjungi Museum Wayang di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu, 14 Juni 2020. Sejumlah museum kembali dibuka untuk umum dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase pertama di Jakarta hingga 14 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaMuseum Wayang, salah satu destinasi wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Gedung Museum Wayang mulanya adalah gedung bekas gudang perusahaan Geo Wehry & Co. Namun, jauh sebelum itu, gedung difungsikan sebagai gereja.

Dikutip dari laman Kemendikbud, gereja pertama disebut Gereja Belanda Lama (Oud Hollandsche Kerk) yang kemudian dibongkar paksa karena kesulitan memasang orgel. Gereja baru dibangun dengan nama Gereja Belanda Baru (Nieuw Hollandsche Kerk) yang sempat dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di Batavia selama puluhan tahun sejak 1736.

Museum Wayang menampung aneka koleksi wayang dari berbagai wilayah di Nusantara. Koleksi wayang tertata apik lengkap dengan cerita maupun sejarahnya.

8. Museum Bahari

Beautiful cityscape of the Maritime Museum (Museum Bahari) in the old Sunda Kelapa harbor area in Jakarta, Indonesia, on August 2, 2015Museum Bahari, salah satu wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (Istock/dennisvdw)

Berada di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Bahari dulu dibangun pada 1718 oleh VOC. Di gedung ini, VOC menyimpan dan menjual rempah-rempah pada pelayar dari berbagai negara termasuk China, India, dan negara-negara Eropa.

Di sini, Anda bisa melihat alat-alat pelayaran di masa lalu, replika perahu tradisional, hingga kapal asli yang didatangkan langsung dari provinsi asalnya.

9. Taman Arkeologi Onrust

Sisa-sisa reruntuhan bangunan di Onrust. Terdapat juga tembok anti tikus untuk menangkak tikus yang mewabah saat zaman kolonial.Pulau Onrust, salah satu wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Wisata dalam rangka HUT Jakarta tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke Taman Arkeologi Onrust (TAO). TAO terletak di kawasan Kepulauan Seribu dan terdiri dari tiga pulau yakni Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor.

Seperti dilansir dari laman Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, TAO memiliki beberapa bangunan bersejarah, termasuk Benteng Martello.

10. Rumah Si Pitung

Rumah Pitung. (CNN Indonesia/Gilang Fauzi)Rumah Si Pitung, salah satu wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Gilang Fauzi)

Bicara soal Jakarta, tentu tak akan lepas dari budaya Betawi dan legenda Si Pitung. Si Pitung adalah sosok legendaris, perampok ulung dan jago bela diri.

Si Pitung diyakini sahabat karib H. Saipudin, saudagar kaya sekaligus pemilik rumah panggung di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Si Pitung ditengarai kerap mampir di rumah panggung yang kini dijadikan bangunan museum bertajuk Rumah Si Pitung.

Di bangunan yang berdiri sejak 1800-an ini terdapat replika perlengkapan alat rumah tangga abad 19, manekin dengan model bangunan yang masih dipertahankan hingga kini.

11. Museum Betawi Setu Babakan

Wisatawan mengamati koleksi Museum Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Selama PSBB transisi pengelola museum menerapkan protokol kesehatan khusus, seperti mewajibkan penggunaan masker bagi pengunjung, penyediaan sarana pembersih tangan, pembatasan jam kunjung pada pukul 9.00-15.00 WI, dan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen guna meminimalisir penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.Museum Betawi, salah satu wisata gratis dalam rangka HUT DKI Jakarta. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Museum yang terletak di Jalan RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini jadi rujukan terbaik jika ingin lebih dekat dengan budaya Betawi.

Cukup satu kunjungan, Anda akan diperkaya tentang suku Betawi serta kesenian, kuliner, rumah adat, permainan tradisional, hingga tradisinya.

Dikutip dari laman Setu Babakan Betawi, kawasan ini tak hanya dijadikan sebagai tujuan wisata, tetapi juga upaya pelestarian, pengembangan, dan penataan budaya Betawi.

Itulah wisata HUT Jakarta. Mana yang jadi pilihan Anda?

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER