Cara Menghilangkan Batuk, dari yang Alami sampai Obat-obatan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 13:25 WIB
Ada banyak cara menghilangkan batuk mulai dari yang alami hingga dengan obat. Cara ini cukup efektif meredakan batuk sekaligus gejala yang menyertainya. Ilustrasi. Ada banyak cara menghilangkan batuk mulai dari yang alami hingga dengan obat. Cara ini cukup efektif meredakan batuk sekaligus gejala yang menyertainya. (iStock/klebercordeiro)
Jakarta, CNN Indonesia --

Batuk sering kali disertai dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan, baik itu batuk berdahak alias basah maupun kering tanpa lendir. Penyebabnya beragam, mulai dari alergi, asma, sampai pengaruh obat.

Ada banyak cara menghilangkan batuk yang bisa Anda coba mulai dari yang alami hingga dengan obat. Cara-cara ini cukup efektif menghilangkan batuk sekaligus gejala yang menyertainya, seperti tenggorokan sakit dan gatal.


Berikut cara meredakan batuk beserta penjelasannya, melansir Healthline.

1. Minum madu

ilustrasi maduIlustrasi. Cara menghilangkan batuk dengan minum madu (iStockphoto/Metkalova)

Madu bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan di tenggorokan. Madu juga bisa membantu memecah lendir dan meredakan sakit tenggorokan.

Studi menunjukkan bahwa madu sama efektifnya dengan diphenhydramine yang digunakan dalam Benadryl, obat batuk anak. Namun, madu tidak seefektif dekstrometorfan yang digunakan dalam Delsym dan Robitussin.

Kendati begitu, bayi berusia di bawah 12 bulan tidak boleh diberi madu karena berisiko botulisme. Madu dapat diberikan kepada anak yang lebih besar.

Caranya, minum madu satu sendok makan setiap batuk muncul. Selain itu, bisa juga dengan mencampur madu ke secangkir teh hangat atau air hangat dengan lemon.


2. Konsumsi rempah

Beberapa rempah bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan. Rempah juga kaya antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rempah yang bisa digunakan untuk meredakan batuk, yaitu kunyit, bawang putih, jahe, hingga peppermint. Caranya, tinggal tambahkan rempah ke teh hangat atau dapat pula dengan mengonsumsi suplemen herbal.

3. Kumur air garam

Woman rinsing and gargling while using mouthwash from a glass, During daily oral hygiene routine, Girl in a purple silk robe, Dental Healthcare ConceptsIlustrasi. Cara menghilangkan batuk dengan berkumur air garam (iStockphoto/Tharakorn)

Air garam menenangkan jaringan yang meradang dan meningkatkan penyembuhan. Garam juga bisa membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan.

Studi menemukan bahwa berkumur air garam tiga kali sehari mengurangi durasi batuk hingga 2,4 hari. Ini juga mengurangi durasi suara serak, bersin, dan hidung tersumbat.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumur sekitar 30 detik. Setelah itu, keluarkan.

4. Perbanyak air putih

Saat batuk, tubuh perlu terhidrasi dengan baik agar tenggorokan tidak kering. Usahakan minum air putih lebih dari delapan gelas per hari.

Cara menghilangkan batuk dengan air hangat bisa meredakan batuk, sakit tenggorokan, kedinginan, dan pilek. Ini lebih efektif dari pada minum air dengan suhu ruangan.


5. Hirup uap panas

ilustrasi saunaIlustrasi. Cara menghilangkan batuk dengan menghirup uap panas (iStockphoto/artisteer)

Uap panas dapat melembabkan jaringan kering dan teriritasi di saluran hidung dan tenggorokan. Ini juga dapat meredakan iritasi pada sakit tenggorokan dan mengurangi batuk.

Caranya, tuang air panas ke mangkuk, lalu hirup udara hangat dari air tersebut selama 2-3 menit. Namun, jangan menghirup air mendidih dari panci karena bisa membakar kulit.

Cara menghilangkan batuk lain bisa dengan mandi atau berendam air hangat dan menghirup uapnya saat mandi.

6. Pasang pelembap udara

Memasang humidifier dapat membantu menambah kelembapan ke udara di ruangan. Sebab, udara kering di rumah yang panas bisa membuat tenggorokan jadi meradang.

Pelembap udara bisa digunakan saat tidur pada malam hari. Ini dapat membantu memecah lendir, melonggarkan saluran napas, dan membuat tidur lebih nyaman.


7. Konsumsi sup, teh, atau minuman panas lainnya

Sop Sayur or Indonesian vegetables soup, made from carrot, cabbage, potato, meatball and quail eggs. Served on ceramic bowl. Copy space for text background.Ilustrasi. Cara menghilangkan batuk dengan makan dan minum hangat (iStockphoto/Cholifah Cholifah)

Cairan hangat seperti sup dan teh membantu menambah kelembapan sekaligus meredakan tenggorokan yang sakit dan gatal. Ini juga membuat tubuh tetap terhidrasi.


8. Makan nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa mengurangi iritasi dan bengkak di tenggorokan. Selain itu, bromelain dapat memecah lendir.

Caranya, bisa dengan mengonsumsi satu gelas jus nanas atau kapsul suplemen dengan kandungan enzim ini.


9. Minum obat batuk mentol

Ilustrasi telemedisinIlustrasi. Cara menghilangkan batuk dengan minum obat batuk mentol. (iStock/Chaay_Tee)

Cara menghilangkan batuk ini mungkin paling sering dicoba. Hal ini karena kandungan mentol memberi efek lega, dingin, menenangkan iritasi, dan melemaskan refleks batuk di tenggorokan.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER