8 Kebiasaan yang Bikin Otak Lebih Encer saat Usia Semakin Tua

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 06:05 WIB
Kecerdasan bisa didapat kapan saja, termasuk saat usia sudah semakin menua. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan. Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan Anda. (iStock/bernardbodo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjadi cerdas adalah impian semua orang. Tapi, sebagian dari Anda mungkin masih berpikir kecerdasan hanya bisa didapat saat masih berusia muda. Padahal kecerdasan bisa didapat kapan saja dan di usia berapapun Anda.

Beberapa kebiasaan bisa membuat kecerdasan meningkat bahkan saat usia tak lagi muda. Mungkin sudah saatnya Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

1. Buat aturan saat berselancar di dunia maya

Berselancar di internet atau membuka akun-akun media sosial memang menyenangkan. Tapi, cobalah atur waktu dan apa saja yang ingin Anda cari di internet.

Dilansir dari The Muse, ada banyak hal yang bisa didapat di media sosial, bahkan ilmu pengetahuan pun banyak tersebar di internet. Gunakan internet dengan lebih bijak.

2. Cari teman yang pintar

Bukan mengajarkan Anda untuk pilih-pilih teman, tetapi bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar adalah salah satu cara tercepat untuk belajar. Anda bisa mendapat banyak pengetahuan baru ketika berbicara dengan mereka.

3. Banyak membaca

Membaca jadi salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan. Saat membaca, Anda mengasah otak untuk mengingat dan menyerap setiap hal yang ada di buku bacaan atau koran pagi.

4. Tidur di siang hari

Young asian beautiful woman happy sleep on bed in morning timeIlustrasi. Tidur siang, salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan. (iStockphoto/marchmeena29)

Sedikit tidur di siang hari sangat membantu kekuatan otak secara keseluruhan. Sebagaimana dilansir dari Bestlifeonline, penelitian 2018 lalu yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan, orang dewasa yang lebih tua dan tidur siang biasanya menunjukkan manfaat kognitif, termasuk peningkatan memori dan penalaran logis.

5. Pikirkan hal-hal terbaik dalam hidup

Menurut sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan di Iran Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences menemukan bahwa mengenang hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup, terutama hal yang baik, bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif orang lanjut usia, termasuk memori.

6. Kunyah permen karet

Sedikit permen karet dapat membuat perbedaan besar dalam hal kemampuan kognitif Anda dari waktu ke waktu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience menemukan bahwa mengunyah permen karet membuat seseorang memiliki kewaspadaan yang lebih besar hingga suasana hati yang baik.

7. Banyak minum air

Menurut sebuah studi pada 2018 lalu yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, dehidrasi dapat memengaruhi kinerja kognitif secara negatif mulai dari koordinasi motorik hingga rentang perhatian. Jadi, jangan ragu untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan harian.

8. Belajar hal baru

Mempelajari sesuatu yang baru bisa memperluas otak dan pengetahuan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan kemampuan.

Ketika kita berhenti belajar, sel-sel otak akan mati. Pertahankan koneksi saraf baru di otak dengan mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.

Misalnya, jika Anda sedang belajar bahasa baru, buatlah komitmen untuk belajar beberapa kata baru setiap hari.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kecerdasan Anda.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER